Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer Mengikuti lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 yang diadakan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulawesi Selatan (25/7) kamis lalu, setelah sebelumnya mengirim proposal sebagai tahap awal seleksi lomba, hal ini disampaikan Dosen Pembimbing, Lilis Nur Hayati S.Kom M.Eng, saat ditemui di Fakultas Ilmu Komputer UMI kampus 2 UMI (31/7).

Lilis sapaan akrab Dosen FIKOM UMI ini menambahkan tahapan yang diikuti tim mahasiswa FIKOM UMI sebelum dinyatakan sebagai pemenang, setelah mengirim proposal lalu diumumkan lolos  sebagai 10 besar finalis dari 84 tim, tanggal 15-7-2019,  kemudian menuju tahap selanjutnya, dengan  presentasi 10 besar finalis.  kemudian dilanjutkan dengan pengujian demo langsung alat Si Pica.

“Alhamdulillah, Mahasiswa UMI yang beranggotakan tiga orang yaitu Nur Hikma Amir, Irwan Ardiansyah, Windy Diaztary   dengan ketekunan mereka dan tentu doa civitas akademika UMI,  mahasiswa FIKOM UMI berhasil menyabet juara dengan temuan mereka berupa alat pengupas merica yang di juluki Si Pica (Mesin Pengupas Merica)   dalam lomba teknologi tepat guna tingkat Provinsi Sulawesi Selatan” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang tim dari mereka, Hikmah menguraikan bahwa temuan SI PICA  bertujuan untuk memudahkan proses pengupasan kulit merica, sehingga diharapkan mampu meningkatkan produksi, menghemat biaya dan tenaga petani merica pasca panen. 

“Kami telah memberikan yang terbaik, apapun hasilnya kita serahkan kepada Allah. menjadi 10 besar finalis adalah sebuah penghargaan yang besar buat kami, apalagi kami berhasil meraih Juara Harapan III,  terima kasih untuk pihak yang telah banyak membantu kami, khususnya pembimbing dan fakultas yang mensuppot ” ungkap Hikma.

“Kalian mampu bersaing dengan tim lain yang memiliki jam terbang banyak yakin bahwa kita punya kemampuan dan kelebihan ” tambah  ibu lilis yang senantiasa  memberi semangat dan support kepada mahasiswa bimbingannya.

(HUMAS)