UMI Makassar – Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI dilatih menjadi da’iah di ruang Training Centre LPDKI UMI (26/4). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S.MA, Wakil Dekan 3 FKM Dr.dr.Khidri, M.Kes, Wakil Dekan 4 FKM Dr.Nukman, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A sejumlah fasilitator dan 55 orang peserta.

Ketua Panitia Dr.Nukman, M.A menyatakan sebenarnya peserta yang mendaftar 160 orang, namun dibatasi hanya 55 karena sesuai dengan jatah yang disiapkan oleh LPDKI UMI. Selanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswi UMI, khususnya mahasiswi FKM UMI dalam berdakwah di tengah masyarakat, apalagi kebanyakan mahasiswi FKM UMI ini akan pengabdian di masyarakat dan setelah sarjana banyak yang bekerja di Rumah Sakit, sehingga materi dakwah di bidang kesehatan sangat diperlukan.

“Peserta tidak hanya mendapatkan materi dakwah tetapi juga akan ada keterampilan lainnya yang disajikan, khususnya terkait keterampilan berkomunikasi dan menghadapi masyarakat luas,” urainya.

Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A dalam sambutannya menguraikan visi dan misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Selain itu, UMI melahirkan Sarjana berilmu amaliah dan beramal ilmiah, sehingga setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan sivitas akademika UMI diorientasikan untuk pengabdian kepada Allah SWT.

“Untuk itu, bagi mahasiswi FKM sangat diharapkan peran sertanya dalam berdakwah di tengah masyarakat, karena dakwah tidak hanya dalam bentuk ceramah/khutbah, tetapi pengertian dakwah sangat luas, meliputi berbagai aspek. Bahkan jika mahasiswi sudah berpakaian Islami, itu sudah dakwah, termasuk jika ada orang yang kurang gizi, maka kewajiban pekerja kesehatan untuk berdakwah mengatasi masalah gizi buruk tersebut,” jelasnya.

(Humas UMI)