Mahasiswa FTI UMI Diajak Dakwah di Media Sosial

UMI Makassar – Pelatihan Da’i/Da’iah Mahasiswa (i) Fak.Teknologi Industri (FTI) UMI berlangsung di Aula Ir.H.Liorang Lologau, MT (19/4). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Dekan FTI UMI Zakir Sabara, ST,MT, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad,M.A, para Wakil Dekan FTI UMI, fasilitator dan sekitar 50 peserta.

Dekan FTI UMI Ir.Zakir Sabara, ST, MT dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini jangan hari ini saja, tetapi ada tindak lanjut dalam bentuk berbagai kegiatan dakwah, bisa berdakwah melalui media sosial, bakti sosial, dst, karena dakwah tidak mesti ceramah/khutbah. Namun dalam berdakwah melalui media sosial harus hati-hati, karena bisa menjadi dosa jariah jika melakukan pelanggaran moral, misalnya foto selfi yang terbuka auratnya.

“Jika hal ini dilakukan, maka akan sangat sulit menghapusnya dari dunia maya,” katanya.

Di bagian lain sambutannya Dekan FTI UMI menyatakan hampir tiap hari harus marah di FTI untuk memperbaiki keadaan. Walaupun disadari bahwa orang yang marah bukanlah tindakan cerdas, namun demi perbaikan keadaan di Fakultas, maka diperbaiki dengan memakai cara yang “kurang cerdas” pula, katanya. Namun hasilnya dua tahun terakhir, FTI maju pesat. Selain itu, mahasiswa dipersilahkan bertanya bagaimana cara berdakwah dengan baik dari para nara sumber. Apalagi memjelang bulan Ramadhan, perlu mengkaji dakwah dengan baik, jangan sampai muncul sebagai ulama “karbitan” yang berdakwah di media sosial. Menyampaikan sesuatu yang tidak ada dasarnya. Karena sekali lagi diingatkan agar berhati-hati berdakwah di media sosial, kedalaman kajian dibutuhkan dalam berdakwah.

Untuk pengembangan dakwah di FTI, ke depan inshaa Allah akan dipajang ayat dan hadis di dalam setiap kelas. Ini.menjadi bagian dari syiar Islam di FTI. Bahkan kegiatan ektrakurikuler keagamaan diberikan 1 SKS.

Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A dalam sambutannya menyatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka mensukseskan UMI sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah. Selain itu, UMI selama ini telah sukses dalam bidang pendidikan, sementara program dakwah masih belum maksimal, sehingga pelatihan da’i ini sebagai bagian yang dari upaya untuk meningkatkan peran UMI dalam pengembangan dakwah.

Pemateri lainnya Wakil Dekan IV FTI UMI Dr.Ir.Laifa, ST,MT yang membahas etika da’i/da’iah. Ia menekankan keberhasilan dakwah ditentukan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi diri dai, sedangkan faktor eksternal meliputi struktural birokrasi, sosio kultural, dst. Demikian pula Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad,MA membahas Cara Praktis Ceramah.

(Humas UMI)

Previous Dosen Baru UMI Wajib Ikuti Pencerahan Qalbu
Next Rektor UMI Kunjungan KKN ke Jeneponto

You might also like

Ulama Asia Tenggara Ceramahi Mahasiswa UMI

UMI Makassar – Kuliah Tujuh Menit Ustaz Dr.Bakhtiar Nasir (Ulama Asia Tenggara) berlangsung di Masjid Ali Bin Ali Thalib Pascasarjana UMI (22/8). Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah

UMI Latih 30 Imam Masjid Se-Kecamatan Panakukang Makassar

UMI Makassar – Rektor UMI Prof.Dr. Masrurah Mokhtar, M.A membuka Pelatihan Imam Rawatib bagi Imam Masjid Se Kecamatan Panakukang di Kampus 2 UMI (18/5). Acara ini dihadiri sejumlah fasilitator LPDKI

Utusan UMI Ikuti 13 Lomba dalam MTQ Nasional antar Mahasiswa

UMI Makassar – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN)  ke 14 tahun 2015 dibuka Sekjen Kemenristek Dikti Prof.  Ainun Naim,  PhD, di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI)  Depok, ditandai dengan