UMI Makassar – Pelatihan daiah bagi mahasiswi Fakultas Hukum UMI berlangsung di Aula Prof.Masrurah Mokhtar, MA (25/4). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A sekaligus memberikan materi tentang Metode Dakwah Menurut Al-Qur’an. Hadir pula Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A, Wakil Dekan IV Fak.Hukum UMI Dra.Hj.Nurjaya, SH, MH, sejumlah fasilitator dan 33 peserta.

Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A dalam penyampaian materinya membahas “Metode Dakwah Menurut Al-Qur’an”. Dikemukakan bahwa di dalam Q.S. An Nahl ayat 125 Allah memerintahkan agar menyeru manusia ke jalan Tuhan dengan cara bijaksana, pengajaran yang baik dan berdebat dengan cara yang baik pula. Ayat ini memberi makna bahwa dakwah dapat dilakukan dengan beragam cara.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan tujuan pelatihan daiah, selain bagian dari visi dan misi UMI sebagai lembaga dakwah, juga dimaksudkan untuk melahirkan sarjana berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul kariymah.

“Peserta juga dibekali keterampilan ceramah, khususnya dalam menghadapi bulan suci ramadhan 1438 H. Para peserta diharapkan bisa berceramah di lingkungan masjid masing-masing,” harapnya.

Selanjutnya Wakil Dekan IV Fak.Hukum UMI Dra.Nurjaya, SH, MH menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahaiswi fakultas hukum. Terutama untuk memperoleh keterampilan dan ilmu dakwah. Hal ini akan menjadi bekal kelak jika mahasiswi terjun di tengah masyarakat.

Salah seorang peserta Hardiyanti menyatakan senang dengan kegiatan ini. Selain materinya menarik, karena disajikan dengan multi metode. Juga penting untuk bisa menguasai keterampilan berdakwah. Mengingat UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!