Mahasiswa Ilmu Komputer UMI Dilatih Jadi Da’i

UMI Makassar – Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A menyatakan salut dan hormat kepada segenap pimpinan Fakultas Ilmu Komputer UMI karena mampu menghadirkan peserta pelatihan da’i/da’iah lebih dari yang diharapkan. Hal ini diungkapkan pada pembukaan Pelatihan Da’i/Da’iah Tingkat Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMI (11/4) di lantai 1 Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI. Hadir selain Rektor UMI, hadir pula Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A, Dekan FIK Dr.H.Dirgahayu Lantara, M.Si, para Wakil Dekan FIK, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah fasilitator dan 52 mahasiswa(i) FIK UMI.

Dalam sambutannya Rektor UMI menyatakan kegiatan pelatihan da’i/da’iah ini sebagai wujud implementasi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Selama ini UMI sudah sangat unggul dalam bidang pendidikan, dimana UMI sebagai Perguruan Tinggi swasta terbaik di Kawasan Timur Indonesia, dan UMI urutan 34 dari 3000an perguruan Tinggi di Indonesia, urainya. Dikatakan pula kegiatan ini sangat menunjang fungsi UMI sebagai lembaga dakwah.

“Insya Allah setiap alumni pelatihan ini dapat melaksanakan dakwah dimanapun ia berada,” harapnya.

Dekan Fak.Ilmu Komputer Dr.H.Dirgahayu Lantara, M.Si membawakan materi “Implementasi Dakwah di Tingkat Fakultas”. Ia menjelaskan dakwah tidak hanya dalam bentuk ceramah, tetapi dakwah berasal dari kata da’aa, yad’uu, da’watan, artinya mengajak, menyeru dan memanggil orang lain kepada kebaikan dan mencegah orang lain berbuat kemungkaran. Dengan kata lain amar makruf nahi mungkar. Oleh karena itu dakwah di Fakultas Ilmu Komputer dilaksanakan dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk dakwah bil lisan maupun dakwah bil hal. Untuk itu, dakwah harus dimulai dari diri sendiri sesuai kemampuan.

Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A membahas ” Metode Dakwah Al-Qur’an”, terutama membahas Q.S.An Nahl ayat 125, artinya ” Serulah manusia dengan jalan Tuhanmu dengan cara bijaksana, memberi pelajaran yang baik, dan berdebat dengan cara yang baik”. Dikatakan pula dakwah dengan cara bijaksana berarti tidak mudah menyalahkan orang lain dan tidak menganggap diri paling benar. Selain itu, memberi pelajaran yang baik dengan hikmah dan berdebat dengan menggunakan akal/dalil yang kuat. Selanjutnya, sikap dan prilaku mahasiswa yang baik, adalah dakwah. Berkata yang baik dan berbuat baik kepada sesama, adalah dakwah. Oleh karena itu, sangat penting da’i/da’iah memiliki jiwa dan akhlaq yang baik. Dekati dengan hikmah, dengan pengajaran yang baik dan debatlah dengan cara terbaik pula.

Sementara itu, Ketua LPDKI UMI membahas Cara Praktis Ceramah/Dakwah. Dijelaskan ruang lingkup dakwah, ada tiga, yakni dakwah bil lisan, antara lain ceramah, khutbah, taushiyah, takziah, dll. Kemudian dakwah bil qalam, yakni melalui koran, majalah, buku, dst. dan dakwah bil hal, yakni salam, sapa, senyum, sopan, santun, sabar, sayang, dst. Dikatakan pula cara praktis berdakwah dengan menyusun materi yang diawali pendekatan hati, mengemukakan mengapa tema yang dibahas penting, gambaran senyatanya tentang topik, baik definisinya, positif dan hal-hal negatif. Selanjutnya dijelaskan mengapa hal itu bisa terjadi dan berikan solusi sesuai ayat Al-Qur’an dan Hadis, dan pandangan ulama. Kemudian diakhiri dengan kesimpulan, terima kasih dan kata-kata hikmah/pantun.

(Humas UMI)

Previous Wakil Dekan 4 Hukum UMI Bawakan Kultum 'Kewajiban Umat Islam'
Next Teknik UMI Segera Miliki Lab Baru

You might also like

Mahasiswa Farmasi UMI Lolos PKM pada PIMNAS 2015

UMI Makassar – Satu Tim Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, atas nama Lestiariani (15020120365), Risfah Hardyanti (15020120099) dan Aulia Fachrazi (15020100343) dan dosen pembimbing Ririn, S.Farm, M.Sc.,

Pangdam VII Wirabuana Beri Kuliah ‘Wawasan Kebangsaan’ MABA UMI

UMI Makassar – Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Suryabakti memberi Kuliah Umum tentang Wawasan Kebangsaan di acara pembukaan Pekan Pesantren MABA UMI Gelombang ketiga, dihadiri seluruh anggota Senat

Sekjen MK RI Hadir di Sastra UMI

UMI Makassar – Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (FS-UMI) Makassar gelar kuliah perdana dengan mengundang tokoh sebagai pemateri. Fakultas Sastra mendatangkan Prof Dr M Guntur Hamzah yang saat ini menjabat sebagai