Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) ikuti kuliah umum tentang sinematografi dan komunikasi budaya Aborigin yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) di lantai IV Gedung Rektorat Unhas, Rabu, (24/10).

Event ini berlangsung meriah dan khidmat dengan kehadiran Simon Wilmot, Senior Lecturer, Screen & Media dari Deakin University, Australia dan juga Glenn Auld dan Lena Djabibba, Senior Lecturer, Language & Literacy Education, Deakin University.

Membawakan materi “Making Sense of the Worlds Through Stories“, Wilmot memberi trik dan tips dalam plot penyusunan cerita film dengan mengupas berbagai sisi humanis, peradaban, heroisme dan phase psikologis manusia dengan berbagai treatment teknologi dan seni.

Selain Wilmot, Glenn Auld dan Lena Djabibba, juga memberikan materi yang tidak kalah menariknya dengan Wilmot, yakni “Language & Cultural Similarities between Makassar & Maningrida (salah satu suku asli Aborigin di Arnhem Land Australia Utara).

Yang sangat berkesan dalam kuliah ini, selain mendapat kesempatan kuliah bersama mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas, juga salah satu speaker yakni Lena Djabiba adalah salah satu suku asli Maningrida mengklaim dirinya memiliki darah Makassar.

Menurut cerita kakeknya yang konon adalah pelaut di Arafura, Lena membeberkan kisahnya sambil memaparkan beberapa artefak budaya dan bahasa suku Maningrida yang sangat mirip dengan bahasa Makassar.

Turut hadir dalam Kuliah Umum ini adalah Pembantu Dekan 1 Fisip Unhas, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Unhas Dr. Moh. Iqbal Sultan, M.Si, Konjen Australia di Makassar Richard Mattew dan salah satu dosen peneliti dari fakultas Perikanan dan Kelautan Unhas A.Amri Ph.D serta Rayudaswati Budi, salah satu dosen Ilmu Komunikasi UMI.

(Humas UMI)