UMI Makassar – Mahasiswa Fak. Kedokteran UMI angkatan 2014 menggelar malam silaturahim antara pimpinan, dosen dan orang tua mahasiswa dengan tema  “Mengukir Nilai-nilai Kekeluargaan dalam Harmonisasi Kesejawatan”, di Hotel Clarion Makassar Jumat malam, 16 Januari 2015.

Rektor UMI Makassar Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA, dalam sambutannya, mengatakan, Fakultas Kedokteran UMI merupakan fakultas favorit dan paling banyak peminatnya, setiap tahun kami hanya dapat menerima sekitar 20 % dari total pendaftar.

Pimpinan UMI mengapresiasi kegiatan silaturahim  yang diadakan mahasiswa Fak. Kedokteran UMI angkatan 2014 ini, sehingga keakraban terus terjalin di kampus, baik sesama mahasiswa seangkatan, maupun dengan  mahasiswa senior, yang senior  dapat membimbing adik-adiknya, dan saling menghargai. Ini harus tetap dijaga, sehingga ukhuwah atau persaudaraan sesama mahasiswa tetap terjaga dengan baik.

Mahasiswa Fak. Kedokteran UMI, memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan mahasiswa Fak. Kedokteran lain, karena di UMI ada nilai tambah yaitu nilai-nilai keislaman. Salah satu model pembinaan mahasiswa yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan tinggi lain adalah model pendidikan karakter, yang dikenal dengan nama pencerahan qalbu. Setiap mahasiswa UMI wajib ikut dengan dipondokkan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, Pangkep selama 30 hari.

Kepercayaan para orang tua untuk menitipkan anak-anaknya   dibina di Fak UMI, tidak akan disia-siakan oleh pimpinan Fak. Kedokteran UMI, Karen mereka akan dibina dan diarahkan untuk menjadi dokter yang profesional dan islami dan siap bersaing di era globalisasi.

Untuk itu diharapkan kepada  seluruh mahasiswa Fak. Kedokteran UMI untuk bersungguh-sungguh dalam belajar dan terus berprestasi, dan jangan lupa senantiasa berdoa, Insya Allah apa yang dicita-citakan menjadi seorang dokter akan terwujud.

Dekan Fak. Kedokteran UMI Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D.,SpPA(K), mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi antara pimpinan Fak. Kedokteran UMI dengan para orang mahasiswa, sehingga tercipta komunikasi yang baik, ini harus dibangun secara berkesinambungan.

Pendidikan kedokteran di Indonesia saat ini memang berat, tidak sama dengan beberapa waktu lalu, setelah selesai pendidikan di kampus sudah langsung bisa praktek sebagai dokter.

“Kalau sekarang, setelah selesai pendidikan di kampus dan sudah bergelar dokter, belum bisa langsung praktek tapi harus melewati ujian kompetensi, dan ini sangat berat untuk lulus karena yang menentukan kelulusannya adalah komputer. Untuk itu Fak. Kedokteran UMI akan mengawal dan mempersiapkan mahasiswa Fak. Kedokteran UMI untuk bisa melewati ujian kompotensi dengan baik,” ungkapnya.

Acara silaturahim menyuguhkan berbagai atraksi kesenian yang dilalukan oleh mahasiswa Fak. Kedokteran UMI angkatan 2014. Tidak kalah menarik dengan tampilnya dua mahasiswa Fakultas Kedokteran University of Tsukuba Jepang dengan menampilkan “Bon Dance” yang dibawakan oleh  Yuta Taniguchi dan Kimura Hitomi, yang hadir sebagai kunjungan balasan.

Hadir pada acara tersebut beberapa pimpinan fakultas dalam lingkup UMI, Wakil Dekan I, II, III dan IV Fak. Kedsokteran UMI masing-masing Dr. dr. Nasruddin, SpOG., dr. Suliati P. Amir, Sp.M. dr. Shulhana Mokhtar dan Drs. M. Said P.,M.Ag, serta dosen dan pengurus kelembagaan mahasiswa Fak. Kedokteran UMI.

(Humas UMI)