40 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN reguler membantu proses belajar mengajar yang dilaksanakan lembaga pengabdian masyarakat dan dakwah ( LPMD) UMI yang berlangsung di aula LPMD Menara UMI Lt 3, hal ini dilaporkan ketua LPMD UMI Prof Dr H Salim Basalamah SE MSi. Hadir Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA., Sekretaris LPMD Drs H Abd Rauf Assagaf, M.Pd., dan KTU LPMD Hj Asni SE.

Prof Dr. H Salim Basalamah menambahkna bahwa peran mahasiswa KKN UMI  sebagai guru biasanya diminta sebagai pengganti guru yang tidak hadir, atau mahasiswa UMI diminta langsung sekolah di tempat lokasi untuk membantu dalam peningkatkan kualitas keilmuwan peserta didik, karena itu dalam upaya menyiapkan mahasiswa dalam melaksanakan tugas tersebut maka LPMD memprogramkan kegiatan pelatihan belajar mengajar bagi mahasiswa KKN reguler khususnya, ujar guru besar Fak Ekonomi UMI ini.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA dalam sambutannya mengatakan “Anak-anakku adalah duta UMI yang akan melaksanakan pengabdian sebagai implementasi dari tri darma perguruan tinggi. Salah satu tugas yang diberikan amanah oleh masyarakat adalah mengajar  baik formal maupun non formal.

Masrurah berharap dalam melaksanakan pengajaran di lokasi KKN nantinya desain pembelajaran yang akan dilaksanakan bertujuan untuk membangkitkan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran serta menumbuhkan minat belajar mereka dengan suasana menyenangkan dan tidak  membosankan.

Sebagai bekal anak-anakku harus memahami peran guru sebagai pendidik, pengajar, dsb, harus menguasai bidang ilmu yang akan diajarkan, memahami karakteristik peserta didik dan memberikan kepercayaan dan suasana aman.

Sekretaris LPMD UMI Drs H Abd Rauf Assagaf M.Pd mengatakan  pelatihan yang lebih menekankan praktek kepada peserta akan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya dengan materi konsep dasar mengajar, metodologi pembelajaran, penyusunan GBPP, filosofi mengajar dan micro teaching.

(Humas UMI)