Mahasiswa KKN UMI Dilatih Proses Pembelajaran

UMI Makassar – Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS didampingi Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MS membuka Pelatihan Proses Belajar Mengajar bagi mahasiswa UMI peserta KKN Reguler Tahun 2015/2016, di ruang rapat LPMD Menara UMI lantai 3, Senin 21 Maret 2016.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS mengatakan, pelatihan proses belajar mengajar bagi mahasiswa UMI yang akan melakukan KKN regular merupakan program tetap UMI. Ini penting diberikan kepada mahasiswa UMI sebagai bekal dalam melakukan kegiatan KKN, karena masyarakat sudah mengetahui keberadaan UMI telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat.

Selama ini masyarakat selalu berharap, setiap mahasiswa UMI yang akan melakukan KKN, dapat ditempatkan di desanya. Tetapi permintaan tersebut tidak dapat dipenuhi, karena lokasi KKN regular ditentukan oleh pemerintah provinsi, dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan daerah dan masyarakat.

Dalam menyusun program kerja di lokasi KKN, salah satu program yang selalu dimasukkan adalah kegiatan mengajar di sekolah, sehingga pelatihan ini sangat membantu dan sebagai bekal dalam melaksanakan program kerja di desa lokasi KKN. Keterlibatan mahasiswa UMI sebagai tenga pengajar, sudah turut berperan mencerdaskan saudara-saudara kita yang ada di desa.

Proses belajar mengajar yang diberikan ini dapat menjadi bekal dan cikal bakal jika kelak dipilih menjadi guru atau dosen, karena profesi tersebut sangat mulia, sepanjang dilakukan dengan baik dan ikhlas.

Ketua LPMD UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MS, pelatihan ini diikuti 40 peserta bertujuan mengembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan mengajar sebagai bekal kepada mahasiswa UMI, sebelum terjun kemasyarakat melaksanakan KKN, dalam rangka membantu masyarakat sebagai tenaga pengajar di sekolah SD, SMP dan SMU bagi sekolah yang kekurangan guru.

Pelatihan ini dilaksanakan sehari, dengan materi antara lain Penyusunan GBPP oleh Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS, Metodologi Mengajar oleh Prof. Dr. Murdifin Haming, Ph.D, Peluang dan Tantangan Mengajar oleh Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MS dan Filosofi Dalam Mengajar oleh Drs. H. Abdul Rauf Assagaf, MPd.

(Humas UMI)

Previous Kultum Kisah Inspiratif
Next 105 Peneliti Pemula UMI Masuk Klinik Proposal

You might also like

Rektor UMI Kunjungan KKN ke Jeneponto

UMI Makassar – Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA bersama Ketua Pengurus Yayasan UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya dan rombongan melakukan kunjungan silaturahmi dengan Pemda Jeneponto dan

Mahasiswa KKN Operasi Katarak di Bantimurung, Maros

UMI Makassar – Sebanyak 1.253 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar angkatan ke-57 melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Maros. Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar mengatakan, Senin (5/11/2016) hampir semua

Dosen UMI Dilatih Jadi Supervisi KKN

UMI Makassar – Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI, menggelar Pelatihan Dasar Pembimbing / Supervisi Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMI angkatan IX tahun 2015, diikuti 50 dosen tetap