UMI Makassar – Himpunan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UMI melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Islam di kampus 2 UMI (9/5). Hadir Ketua Himpunan M.Shaleh, Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A selaku salah satu pemateri tentang “Jurnalistik Islam”. Kegiatan ini diikuti sekira 35 peserta utusan dari SMA dan SMK di Makassar.

Dr.M.Ishaq Shamad menyatakan jurnalistik Islam adalah ilmu tentang kewartawanan Islam yang bisa juga disebut dengan dakwah bil qalam (dakwah melalui tulisan). Dikatakannya istilah “Da’wah Bil Qolam” (DBQ) mungkin masih terasa asing di telinga banyak orang, tidak seperti istilah “Da’wah Bil Lisan” dan “Da’wah Bil Hal”.

anak komunikasi ketemu pak ishak

Penggunaan nama “Qolam” merujuk kepada firman Allah SWT, “Nun, perhatikanlah Al-Qalam dan apa yang dituliskannya” (Q.S. Al-Qolam:1). Maka, jadilah DBQ sebagai konsep “dakwah melalui pena”, yaitu dengan membuat tulisan di media massa.

Selanjutnya karena menyangkut tulisan, DBQ bisa diidentikkan dengan istilah “Da’wah Bil Kitabah” (dakwah melalui tulisan). DBQ dipilih karena istilah “Qolam” (pena) kesannya lebih agresif ketimbang “Kitabah” (tulisan). Pena menunjukkan subjek, senjata, atau alat.

“Tulisan adalah objek, hasil, atau produk goresan pena. Untuk itu peserta diajak untuk dapat melatih diri menulis tentang apa saja, termasuk menulis dalam diary, menulis di status media sosial, maupun menulis berita di media cetak dengan menggunakan prinsip penulisan berita 5 W+1 H (What, Where, When, Who, Why dan How),” urainya.

Dikemukakan pula agar peserta segera mencoba untuk menulis-menulis-menulis lagi, jangan pernah berhenti mencoba.

Ketua Himpunan KPI M.Shaleh menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal siswa-siswi SMA dan SMK tentang jurnalistik Islam. Selain itu juga sebagai realisasi dari program Himpunan KPI Fakultas Agama Islam UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!