Mahasiswa Perikanan UMI Dilatih Berdakwah

UMI Makassar – Mahasiswa (i) Fakultas Perikanan dan Kelautan UMI dilatih berdakwah di ruang Training Centre Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) (25/4).

Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, MA, Dekan FPIK Dr.Ir.Asbar, M.Si, Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, Wakil Dekan III FPIK Dr.Ir.Halijah, MS, WD 4 FPIK Drs.HM.Ilyas Upe, M.Ag, dan sekitar 54 mahasiswa yang jadi peserta.

Dekan FPIK UMI Dr.Ir.Asbar, MS menyatakan sangat menghargai kegiatan pelatihan ini sebagai upaya mewujudkan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Dikatakannya, masyarakat tidak mau tahu, anda dari fakultas mana, yang penting mereka tahu bahwa anda dari UMI, maka pasti akan bisa berdakwah. Itulah keyakinan masyarakat, seperti yang ia pernah alami sendiri ketika dininta menjadi penceramah nasehat perkawinan dan membaca do’a di Toraja. Untunglah ia pernah dilatih dalam pelatihan dai dosen dan pimpinan UMI.

“Untuk itu, ia berharap mahasiswa Fakultas perikanan yang ikut kegiatan ini agar dapat mengikutinya dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Wakil Rektor IV UMI, KH.M.Zein Irwanto, M.A menyatakan kegiatan pelatihan dai ini sebagai wujud implementasi visi dan misi UMI berilmu amaliah dan beramal ilmiah. Menurutnya orang UMI dalam bertindak selalu mendahulukan ilmu dan amaliah. Selain itu dijelaskan pula pentingnya pelatihan da’i ini bagi mahasiswa untuk mensukseskan program kampus Islami UMI.

Wakil Dekan IV Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Drs.HM.Ilyas Upe, M.A menyatakan rasa bangga dan terima kasih kepada mahasiswa atas keikutsertaannya dalam pelatihan ini yang melebihi target. Demikian pula terima kasih kepada LPDKI UMI yang memfasilitasi kegiatan ini, terutama acaranya dikemas dengan penyajian materi yang menyenangkan dan metodologi pelatihan yang diselingi dengan game dan pelibatan peserta, sehingga mahasiswa tidak merasa bosan. Selain itu, model pelatihan seperti ini sangat menarik dan berkesan bagi peserta. Ia berharap agar ke depan, lebih banyak lagi mahasiswa UMI, khususnya mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI yang dilibatkan dalam kegiatan seperti ini.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A dalam pemaparannya menjelaskan ruang lingkup dakwah meliputi dakwah bil lisan, bil qalam, dan bil hal. Selain itu, juga dikemukakan dasar hukum dakwah adalah wajib sebagaimana dijelaskan Allah dalam Al-Qur’an Surah Ali Imran 104, artinya hendaklah segolongan umat menyeru kepada kebaikan, menyuruh yang makruf, dan mencegah dari kemungkaran. Mereka itulah orang-orang yang beruntung. Selanjutnya metode dakwah dijelaskan Allah dalam Q.S. An Nahl: 125, artinya: Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan cara bijaksana, pengajaran yang baik dan berdebatlah dengan cara yang baik pula. Materi tersebut disajikan bukan hanya dalam bentuk ceramah tetapi menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa dan learner centre (pembelajaran berpusat pada mahasiswa).

(Humas UMI)

Previous Mahasiswa FKM UMI Diajar Jadi Da'iah
Next Mahasiswa Ilmu Komputer UMI Aksi Sosial Donor Darah

You might also like

Lagi, UMI Latih Masyarakat Makassar Selenggarakan Jenazah

UMI Makassar – Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A membuka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Bagi Tokoh Masyarakat Kecamatan Makassar (14/2), di Kampus 2 UMI. Hadir Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S,

Cara Menentukan Arah Kiblat

UMI Makassar – Kultum berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI oleh Dr.H.Andi Darmawangsa, M.A membahas arah kiblat (19/10). Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah Dekan

Kajian Al-Qur’an dan Bimbingan Tajwid

Kajian Al-Qur’an dan Bimbingan Tajwid berlangsung di ruang Traning Centre Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI (25/6). Hadir Wakil Rektor IV UMI KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, sekaligus membuka kajian