Maret 7, 2017 282 Views

Mahasiswa Pertanian UMI Dilatih Berdakwah

UMI Makassar – Pelatihan Dai/Da’iah Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian UMI berlangsung di aula Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A (7/3). Hadir Dekan Fakultas Pertanian UMI diwakili Wakil Dekan 3 Dr.Ir.Abd.Haris, M.S. Hadir pula Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A, Wakil Dekan 4 Fak.Pertanian Dr.Amir, SE, M.A, sejumlah fasilitator dan 50 peserta.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A menyatakan tujuan pelatihan ini untuk memberikan bekal keterampilan berceramah dan berdakwah bagi mahasiswa UMI. Hal ini penting karena UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Masyarakat, umumnya sudah tahu bahwa mahasiswa UMI pasti bisa berdakwah.

“Mereka tidak mengenal program studinya darimana, yang penting jika mahasiswa dari UMI dianggap pasti bisa berdakwah. Untuk itu semua mahasiswa UMI wajib dibekali kemampuan berdakwah,” jelasnya.

Dikatakan, ruang lingkup dakwah sangat luas, terdiri dari dakwah bil lisan, yakni ceramah, khutbah, dsb. Kedua, dakwah bil-qalam (dakwah melalui buku, majalah, dll.), kemudian dakwah bil hal, dakwah melalui sikap dan tingkah laku, seperti senyum, salam, sapa, sopan, santun, dsb.

Selanjutnya metode dakwah menurut Al-Qur’an dijelaskan Allah Swt dalam Q.S An Nahl : 125, artinya: “Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan cara bijaksana, pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan cara yang baik pula”. Ayat ini mengandung makna dakwah dapat dilakukan dengan beragam cara dan metode, sesuai dengan kebutuhan.

Dr.Ir. Abdul Haris menyatakan dakwah menjadi kewajiban bagi setiap orang Islam, termasuk mahasiswa Fak.Pertanian UMI. Salah satu materi dakwah yang perlu diceramahkan adalah pentingnya shalat.

“Karena shalat merupakan kunci pintu syurga. Bahkan shalat yang sempurna menjadi kunci segala kebaikan, jelasnya. Ditambahkan kegiatan yang dilaksanakan LPDKI ini sangat bagus dan perlu didukung oleh semua pihak di UMI,” harapnya.

Demikian pula Dr.Amir, SE, M.A menyatakan sangat mendukung program kegiatan pelatihan seperti ini. Karena sangat berguna bagi mahasiswa dalam berkiprah di tengah masyarakat. Keterampilan berdakwah tidak hanya dalam bentuk ceramah dan khutbah, tetapi dari sikap dan perbuatan baik sudah mencerminkan dakwah, ujarnya. Dikatakan pelatihan dai/daiah bukan hanya dilakukan di LPDKI UMI, tetapi Pimpinan Fakultas Pertanian UMI juga melaksanakan kegiatan serupa. Semuanya dilakukan dalam rangka mendukung UMI sebagai lembaga pandidikan dan dakwah.

(Humas UMI)

Previous UMI Adakan Workshop SOP Pencerahan Qalbu
Next FTI UMI Buka Pendaftaran MABA Insinyur

You might also like

Mahasiswa UMI Raih Medali Emas Tingkat Internasional Karena Sampah

UMI Makassar – Kembali UMI mencatat prestasi, dua mahasiswa UMI masing-masing Adi Saifullah mahasiswa Fakultas Hukum (2012) dan Muhammad Faris mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer angkatan (2013) meraih  medali emas category informasi dan

Peristiwa Amarah Difilmkan, Rektor UMI akan Kaji Naskah Lewat Rapat Senat

UMI Makassar – Tim Produksi dan Penulis Buku Mencari Jejak Amarah, Rasmi Ridjang Sikati menemui Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA di Ruang Kerja Rektor,

Ilmu Komunikasi UMI Hadirkan KOMINFO dalam Talkshow Kebangsaan

UMI Makassar – Ratusan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, ikuti Talkshow kebangsaan bertempat di Aula Fakultas Sastra UMI, Senin (18/9). Event ini diselenggarakan oleh Program