UMI Makassar – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta semangat berwirausaha bagi mahasiswa sebagai generasi muda yang kreatif serta mengembangkan kreativitas dan inovasi sebagai bekal mereka saat menjadi sarjana dan secara langsung dapat menanggulangi masalah pengangguran, UMI akan melaksanakan workshop kewirausahaan mahasiswa UMI yang insya Allah akan dilaksanakan dua angkatan tanggal 8 s.d 10 Mei 2014 dan tanggal 21 s.d 22 Mei 2014  di Auditorium Al Jibra, hal ini disampaikan ketua pantia yang juga wakil rektor III bidang kemahasiswaan Prof. Dr. H. Achmad Gani,SE.,MSi., saat membuka rapat panitia di aula kantor kemahasiswaan UMI,kampus 2.

Peserta dari unsur mahasiswa UMI yang dimandat dari masing-masing fakultas, setelah mengikuti seleksi tanggal 5 s.d 6 Mei 2014 dengan kriteria peserta mahasiswa aktif,memiliki ide dan talenta untuk berbisnis, memiliki start bisnis, mendaftar di fakultas di kantor wakil dekan III bidang kemahsiswaan, paling lambat tanggal 2 Mei 2013.

Materi workshop akan disajikan dalam bentuk modul, diantaranya modul 1) mindset kewirausahaan (impian menjadi wirausaha sukses dan konsep entrepreneur, keuntungan dan kerugian berwirausaha, menumbuhkan keinginan berwirausaha), modul 2), menggali potensi diri dan membangkitkan wirausaha mahasiswa ( mengenal karakteristik wirausaha dan potensi diri mahasiswa berpikir kreatif dan inovatif,

meningkatkan motivasi dan jiwa wirausaha, etika bisnis islami dalam berwirausaha), modul 3) menentukan peluang usaha (bagaimana mencari dan menemukan peluang usaha, bagaimana memulai usaha bagi wirausaha pemula, memilih lapangan usaha dan mengembangkan usaha), modul 4) strategi entrepreneur bagi wirausaha pemula (strategi manajemen berwirausaha, strategi memilih produk dan menentukan peluang pasar, menentukan skala usaha, bentuk badan usaha dan sumber permodalan).

Guru besar ekonomi UMI menambahkan output dari workshop yang dirancang dua angkatan ini, peserta akan menyusun perencanaan usaha (business plan).

(Humas UMI)

error: Content is protected !!