UMI Makassar – Kebutuhan umat tentang da’i dan da’iah berkualitas semakin kencang. Namun sumber daya manusia yang tersedia masih sangat terbatas.Menyadari hal itu Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI menyelenggarakan Pelatihan Dakwah bagi Mahasiswa UMI, seperti dikemukakan Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, MA saat memberikan materi pelatihan dakwah tersebut (19/3) di Kampus 2 UMI Makassar.

Pelatihan ini diikuti sekira 50 mahasiswa(i) utusan dari 13 Fakultas dalam lingkup UMI dan utusan mahasiswa dari desa binaan UMI.

Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A dalam sambutannya mengemukakan tujuan pelatihan dakwah ini, antara lain untuk memberi bekal kepada mahasiswa teknik-teknik berdakwah, agar mahasiswa UMI siap terjun berdakwah di masyarakat.

Selain itu, khusus di Makassar ada sekitar 1.200 masjid yang menyelenggarakan khutbah jum’at. Namun khatib yang tersedia sangat terbatas, sehingga terkadang ada pengurus masjid yang kewalahan mencari khatib.

“Untuk itu, pelatihan dakwah ini diharapkan agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri lebih dini untuk dapat membantu masyarakat memenuhi tuntutan kebutuhan da’i dan da’iat,” jelasnya.

Lanjut dikemukakan, setelah peserta pelatihan ini dinyatakan lulus, maka mereka akan diterjunkan di masyarakat, terutama di masjid-masjid Desa Binaan UMI, khususnya untuk mengisi khutbah dan ceramah Ramadhan. Dikatakan pula pemateri antara lain Dr.H.M.Yusri M.Arsyad, Lc, M.A membahas Metode Dakwah Bil Hal, Prof.Dr.H.Murdhifin Haming dengan tema Manajemen Dakwah, Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, M.A membahas Metode Dakwah Melalui Zikir dan Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A dengan tema Teknik Penyusunan Materi Ceramah/Khutbah yang disertai praktikum.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!