Mahasiswa UMI Dilatih Menulis Proposal Penelitian

UMI Makassar – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian, menyusun usulan penelitian, dan mempresentasikan hasil-hasil penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) UMI adakan pelatihan metodologi penulisan proposal penelitian mahasiswa (18/2) yang dibuka oleh Rektor UMI, bertempat di aula LP2S UMI, Menara UMI lt. 3.

Rektor UMI Prof.Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai media untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan penelitian bagi mahasiswa. Kegiatan ini tidak semata menyiapkan proposal untuk penyelesaian studi akhir tapi lebih menekankan kemampuan agar dapat memenangkan dana penelitian yang dikompetisikan.

research mahasiswa

Ketua Umum BKS PTIS ini mengharapkan agar peserta betul-betul memanfaatkan waktu dan mengikuti seluruh kegiatan yang betujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat proposal serta mendapatkan informasi penyusunan proposal yang baik dan benar dan yang pada akhirya output pelatihan ini melahirkan proposal yang berhak diajukan untuk mendapatkan pendanaan dari Dikti maupun dari  UMI.

Sementara itu, Ketua LP2S UMI, Prof. Dr. H Hambali Thalib SH.MH., mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dua hari ini 18-19 Februari 2016 diikuti 46 peserta utusan masing-masing fakultas yang bertujuan menekankan proses penguatan dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah dan metodologi penelitian khususnya pada penguasaan teori-teori seputar penelitian.

Ketua Aptisi Sulsel ini menambahkan bahwa ada beberapa agenda penting yang harus diikuti peserta yaitu penerimaan materi seputar penelitian, penugasan karya tulis ilmiah individu dan proposal penelitian kelompok yang akan dipresentasikan pada hari kedua.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Penggunaan bahasa yang baik dan benar (Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA), Motivasi minat mahasiswa dalam penelitian (Prof.Dr. H Ahmad Gani Se., M.Si), Pengenalan skim penelitian (Dr. Ir. Naidah Naing,MT), Memilih masalah/topik penelitian (Prof.Dr. H hambali Thalib,SH.,MH), Metodologi penelitian (Prof,Dr, H Syahnur Said,MS), Teknik Penulisan dan Pelaporan penelitian (Dr. Ir. Nuraeni, MS), Penggunaan sarana laboratorium (Dr.IR. H Iskandar BP,MSc) ada beberapa agenda penting yang harus diikuti peserta yaitu penerimaan materi seputar penelitian, penugasan karya tulis ilmiah individu dan proposal penelitian kelompok yang akan dipresentasikan pada hari Minggu, 12 April 2015.

(Humas UMI)

Previous Wakil Bupati Majene Promosi Doktor di UMI
Next UMI Serahkan Hand Tractor Bantuan Menteri Pertanian RI

You might also like

LPDKI Diseminasi Program Unggulan UMI

UMI Makassar – Diseminasi Program Unggulan UMI melalui Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental di sejumlah siswa-siswi SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Bone-Bone dan SMK Negeri 1 Sukamaju Masamba

UMI Adakan Workshop SOP Pencerahan Qalbu

UMI Makassar – Penerapan SOP penting oleh setiap unit termasuk pencerahan qalbu program unggulan UMI sebagai akuntabilitas publik. Hal ini disampaikan Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA saat

Batas Waktu Peng-Update-an Profil Mahasiswa di SIMPADU

Assalamu Alaikum Wr.Wb., Disampaikan kepada seluruh mahasiswa/i dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, bahwa terkait dengan telah diadakannya sosialisasi pengisian SIMPADU di setiap Fakultas dalam lingkup UMI, maka dengan