UMI Makassar – Kuliah Tujuh Menit (Kultum) berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (18/8), oleh Dr.M.Ishaq Shamad, M.A membahas “Ayo Kerja”. Hadir Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S.M. A, para Dekan dan sejumlah mahasiswa UMI.

Dr.M.Ishaq Shamad menyatakan tema peringatan 70 tahun Indonesia merdeka tahun 2015 adalah “ayo kerja”, ini sangat relevan dengan ayat al-Qur’an, yang artinya “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak berusaha untuk merubah nasibnya sendiri”.

“Ayat tersebut mengandung makna pentingnya merubah nasib dengan berusaha bekerja keras,” ujarnya.

Dikatakan pula, sebagai ilustrasi ada dua orang yang bekerja di perusahaan, Joko dan Bowo. Joko karyawan baru tapi sangat dekat dengan manajer dan sering diajak makan siang bersama. Sementara Bowo karyawan lama yang jarang diundang makan siang oleh manajer. Ini menimbulkan kecemburuan. Akhirnya si manajer memanggil keduanya dan menugaskan keduanya untuk mensurvey harga buah semangka di pasar. Si Bowo dengan pengalamannya yang banyak segera ke pasar, dengan cepat ia kembali dan melaporkan temuannya, yakni Rp.10 ribu per biji. Si Joko masih di pasar. Setelah sekian lama baru ia pulang dan melaporkan ke manajer, yakni harga semangka di luar Rp. 10 ribu per biji, kalau ke dalam bisa Rp. 8.000 dan di bagian belakang pasar bisa dapat harga Rp. 5.000 dan bisa langsung tadah dari petani. Sang manajer sangat mengapresiasi kerja Joko yang dapat memberi informasi yang lebih banyak, jelasnya. Makna dari kisah tersebut bahwa bekerja tidak hanya melakukan pekerjaan sekedar memenuhi kewajiban. Namun jika mampu bekerja lebih, maka hasilnya akan lebih banyak pula yang diperoleh.

“Untuk itu, di ulang tahun ke 70 R.I, mari bekerja keras dengan mengerjakan pekerjaan tidak hanya sekedar bekerja secara normatif, tetapi bisa bekerja lebih dengan inovatif untuk mendapatkan hasil yang lebih,” harapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!