UMI Makassar – Pelatihan Kaligrafi dan Kajian Kitab Kuning berlangsung di ruang Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI (13-14/9). Kegiatan ini diikuti sekira 50 orang utusan dari forum mahasiswa desa binaan dan forum tahfiz UMI. Pemateri antara lain Dr. M.Tahir Bandu, MA dan Dr.Agus Salim, MA.

Panitia pelaksana Drs.H.Abd.Hamid Sulaiman menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan bagi mahasiswa, khususnya keterampilan kaligrafi dan membaca kitab kuning, sehingga mereka bisa menggunakannya di desa binaan masing-masing atau di tempat lainnya.

“Bahkan mereka diharapkan bisa mewakili UMI dalam berbagai even lomba MTQ, baik di tingkat regional maupun nasional,” jelasnya.

Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Samad menyatakan gembira dan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut, terlebih lagi melibatkan forum mahasiswa binaan UMI. Mereka perlu dibekali dengan berbagai keterampilan sebelum mereka kembali mengabdi di desa masing-masing.

Selain itu, kegiatan ini sebagai program pembinaan kemahasiswaan LPDKI dalam rangka mewujudkan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah menuju World Class University.

“Dimana kajian kitab yang Bahasa Arab dapat mendorong mahasiswa lebih memahami Bahasa Arab sebagai salah satu alat komunikasi internasional,” urainya.

(Humas UMI)