UMI Makassar – Sebanyak 45 mahasiswa UMI mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Angkatan II, dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) UMI, di ruang pertemuan LP2S Menara UMI lantai 3, Senin 21 Desember 2015.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya sebelum membuka acara mengatakan, UMI senantiasa memberi ruang kepada mahasiswa untuk berkreasi dan beraktifitas melalui wadah atau lembaga yang ada di UMI, termasuk di bidang penulisan dan penelitian. Untuk itu, diharapkan kepada mahasiswa untuk mengisi dan memanfaatkan wadah tersebut demi untuk pengembangan mahasiswa itu sendiri.

artikel2

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam upaya peningkatan kualitas, dan bersyukurlah karena tidak semua mahasiswa UMI dapat kesempatan untuk menambah ilmu lewat pelatihan ini,” tambahnya.

Dari pelatihan ini, banyak ilmu yang akan diperoleh, khususnya yang terkait dengan bagaimana menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar, karena penulisan ilmiah memiliki metode tersediri, berbeda dengan penulisan atau tugas yang diberikan oleh dosen selama ini.  Jadi kesempatan ini jangan disia-siakan.

Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini diikuti 45 orang utusan dari semua fakultas yang ada di UMI, dan akan berlangsung selama 2 hari.

Narasumber yang akan mengisi pelatihan ini dari unsur pimpinan UMI sendiri, ini menunjukkan bahwa UMI memiliki potensi dan sumberdaya, sehingga pelatihan penulisan artikel ilmiah dapat dilaksanakan sendiri oleh UMI, karena dianggap mampu dan memenuhi syarat.

“Besar harapan kami sebagai penyelenggara, kiranya dapat diikuti dengan baik sehingga dapat melahirkan kader-kader generasi muda yang dapat menjadi pionir dalam penulisan ilmiah dikalangan mahasiswa,” ungkapnya.

Selama pelatihan mereka akan menerima materi antara lain, Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar oleh Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Kebijakan Penulisan Artikel Nasional oleh Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS, Format Artikel Nasional dan Internasional oleh Prof Dr. Ir. H. Abdul Makhsud, DEA dan Teknik Menulis Artikel serta Langkah-Langkah mempublikasikan oleh Dr. Ir. Syari fuddin Nojeng, MT.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!