UMI Makassar – Dua orang mahasiswa UMI kembali mencatat prestasi emas di tingkat Internasional, baru-baru ini, Hasyrul Hamzah dan Sarah Rustam, keduanya Fakultas Farmasi (2011), mengikuti  The 8th Asian conference on lactin acid bacteria di Bangkok, Thailand, yang berlangsung tanggal 8 -10 Juli 2015 dan berhasil meraih presentasi terbaik dari berbagai belahan dunia dengan mempresentasikan hasil penelitian dengan judul masing-masing Isolation and Characterization of Factic Acid Bacteria As Probiotics in Danke in Tape (Hasyrul Hamzah), Isolation and Detection Of Lactic Acid Bacteria Dna As Probiotic In Fermentation Food And Animal Waste Using Polymerase Chain Reaction (Sarah Rustam) dengan dosen pembimbing Fakultas Farmasi UMI, Rusli,SSi.,M.Si.,Aptk dan Dr. Zaraswati Dwyana,M.Si, hal ini disampaikan Hasyrul saat ditemui di Fakultas Farmasi UMI, kampus 2 UMI (14/7).

Hasyrul menyampaikan bahwa conference on lactic ini dimulai sejak akhir bulan Desember 2014- April 2015  dengan mengirimkan tulisan hasil penelitian dan  Alhamdulillah dinyatakan lolos bersama 50 peserta se Asean yang terdiri dari akademisi dengan kualifikasi guru besar, doktor dan master pertengahan April 2015

Bulan Mei 2015, Hasyrul bersama Sarah diundang ke Bangkok untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan peserta yang juga terdiri atas guru besar, doktor dan magister yang memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih dari kami, dan tentu bersama tim  reviewer.

“Kehadiran mereka tidak membuat ciut nyali kami sebagai mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Alhamdulillah, dari 50 yang presentasi, kami berdua lolos masuk 20 besar yang mendapat penghargaan sebagai presentasi terbaik, tulisan kami juga masuk di jurnal internasional dan selain itu, kami juga mendapat penghargaan sebagai penyaji poster terbaik,” ujar hasyrul yang bulan empat kemarin telah menyandang gelar   sarjana farmasi UMI.

Salah seorang peserta yang bergelar Doktor dari Indonesia, menyatakan, kalian luar biasa sebagai mahasiswa tampil di forum internasional dan mampu meraih penghargaan dua sekaligus sebagai oral presentasion dan poster presentasion.

“Tentu keberhasilan yang diraih tidak lepas dari dukungan, bimbingan bapak ibu dosen pembimbing, Pimpinan fakultas dan doa ibunda Rektor,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!