UMI Makassar – Prestasi mahasiswa UMI di tingkat nasional terus membanggakan, terbukti satu tim dari mahasiswa UMI lolos masuk Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional, 5 tahun Airlangga Ideas Competition 2015, dengan tema “Inovasi dan Implementasi Konsep Smart City menuju Indonesia Emas 2045”, dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Ailrlangga ke 61.

Tim dari UMI yaitu Fredy mahasiswa Jurusan Arsitektur UMI angkatan 2012 sebagai ketua, Restuan Lubis mahasiswa Fak. Farmasi angkatan 2012 dan Rasmi mahasiswa Fak. Agama Islam angkatan 2013 sebagai anggota. Ketiganya bergabung dalam Pusat Pengembangan Riset Mahasiswa (PERISAI) UMI.

Judul yang diikutkan dalam LKTI Mahasiswa Nasional adalah Magic Housing: Perumahan dengan Fasilitas Pendukung dari Aspek Kesehatan, Pendidikan, Budaya, Sosial dan Keamanan”.

Fredy mengatakan, Alhamdulillah kami tidak menyangka bisa lolos masuk final pada LKTI Mahasiswa yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Universitas Airlangga Surabaya, karena pesertanya cukup banyak dari seluruh Indonesia.

“Kami sangat bersyukur dan bangga dengan capaian ini, karena hanya ada dua perguruan tinggi dari Kawasan Timur Indonesia yang lolos masuk final yaitu UMI dan UNHAS,” ungkapnya.

Dikatakan pula, capaian ini menjadi cambuk untuk memberikan yang terbaik pada lomba final nanti, mudah-mudahan bisa meraih juara. Apa yang kami peroleh ini tidak lepas dari arahan dan bimbingan dari dosen kami Dr. Naidah Naing, S.T.,M.Si. dan H. Andas Budy, S.T.,M.T, Ketua dan Sekretaris Jurusan Arsitektur UMI.

“Apa yang kami bahas dalam tulisan ini, mudah-mudahan dapat menjadi sumbangan pikiran untuk Pemkot Makassar, karena visi Kota Makassar menuju kota dunia dengan smart city-nya, ini sangat terkait dengan penataan ruang kota,” ungkapnya lagi.

Untuk menyelesaikan masalah-masalah perkotaan, terdapat sebuah konsep cerdas yang menggunakan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk memaksimalkan sumber daya yang ada sehingga dapat mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih efektif dan efisien melalui enam karakteristik yaitu Smart Economy, Smart Environment, Smart People, Smart Living, Smart Governance, dan Smart Mobility. “Yang kami bahas fokus pada dimensi Smart Living karena jika ingin merealisasikan Smart City semua dimensi harus dipenuhi, dan salah satu karakteristik Smart Living dapat direalisasikan dengan cara penataan ruang kota,” katanya.

Pelaksanaan Final LKTI Mahasiswa Nasional, Jumat 20 November 2015 di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

(Humas UMI)