Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia yang tergabung dalam Tim Ibnu Khaldun UMI meraih Juara Harapan 4 dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tim diketuai oleh Nursyamsuduha dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI dengan anggota A. Amalia Husnul dari FEB UMI dan Muh. Rachmat Thamrin dari Fakultas Sastra UMI. Penghargaan diterima di Jakarta, Sabtu (16/11).

Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E., M.Si. mengapresiasi capaian mahasiswa yang meraih juara. “Semoga capaian anak-anakku menginspirasi mahasiswa UMI lainnya untuk turut mengukir prestasi melalui perlombaan di tingkat nasional maupun internasional. Capaian ini mendukung visi Universitas untuk menghasilkan manusia yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlaqul karimah, serta berdaya saing tinggi”, ungkapnya.

Ketua Tim Ibnu Khaldun UMI, Nursyamsuduha menuturkan bahwa gagasan yang diusung terkait dengan model edukasi kewirausahaan digital bagi anak usia dini. “Ide awalnya kami melihat proyeksi penyerapan tenaga kerja di Indonesia yang semakin berkurang setiap tahun. Sehingga kami mengagas ide untuk mempersiapkan anak usia dini menuju bonus demografi tahun 2030”. Tim Ibnu Khaldun UMI dibimbing oleh Muhammad Faisal AR. Pelu, SE.,M.Ak. dan Munawir Nasir, SE.,MM., jelasnya.

“Keunikan gagasan kami sehingga menarik perhatian dewan juri adalah penerapan yang dilakukan pada anak usia dini. Kami berharap pengembangan model ini kedepannya dapat diadopsi oleh pemerintah melalui kebijakan, serta dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Lebih luas lagi, kami berharap model edukasi kewirausahaan digital bagi anak usia dini ini dapat diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia”, tambah Nursyamsuhuda.

(HUMAS)