UMI Makassar – Kultum Ramadhan berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (14/7) oleh Dra.Hj.Jamiah Tompo, M.H (Wakil Dekan IV Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UMI). Hadir Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa UMI.

Hj.Jamiah Tompo dalam ceramahnya mengajak jamaah dhuhur untuk memaksimalkan sisa Ramadhan tahun ini dengan banyak ibadah dan menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan berbagai zikir dan shalat, agar dapat meraih pahala yang berlipat ganda. Selain itu, jamaah juga diajak banyak bersyukur kepada Allah SWT, atas berbagai nikmat yang diberikan kepada manusia.

 

“Salah satu cara bersyukur, yakni dengan lisan dan mengucapkan kata Alhamdulillah, misalnya ketika menerima THR, maka ucapkan Alhamdulillah. Cara lain bersyukur dengan berkata-kata yang baik dan memelihara lisannya, sebagaimana Hadis Nabi: “sangat disayangi hamba Allah yang selalu menjaga lisannya,” jelasnya.

 

Wakil Dekan IV FIK UMI ini menambahkan bersyukur dengan hati untuk mensyukuri nikmat Allah dan menjaga hati serta senantiasa merenungkan diri dan bermuhasabah terhadap segala perbuatan yang dilakukan selama ini, misalnya jika menemukan bahwa banyak ibadah yang ditinggalkan untuk disesali. Cara lain bersyukur dengan  memanfaatkan waktu untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia. Selain itu, gunakanlah segala panca indra untuk beribadah kepada Allah SWT.

 

Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A menyatakan Kultum hari ini dan besok sebagai hari terakhir pelaksanaan kultum bagi pimpinan UMI di Masjid Kampus 2 UMI.

(Humas UMI)