UMI Makassar – Menunaikan ibadah umrah diniatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita kepada Allah SWT. Hal ini disampaikan mengawali manasik umrah Universitas Muslim Indonesia yang disampaikan wakil rektor IV Drs KH Zain Irwanto MA didepan jamaah umrah keluarga besar UMI, di mushalla menara UMI lt.10 (1/2) hadir dalam acara tersebut Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA dan Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI H Muh.Mokhtar Noer Jaya.

Lanjut dikatakan, Allah SWT memanggil hambanya dalam tiga (3) hal, yaitu; pertama menunaikan shalat..aqimi shalat…hayya ala shalat, panggilan kedua umrah dan haji.. diwajibkan atas kamu berkunjung ke rumah-Ku menunaikan haji dan umrah. Manusia menjawab, Labbaykallahumma labbayk…dst, dan ketiga semua akan kembali ke hadirat ilmu, Semua dari Allah dan akan kembali kepada-Nya,” ujar mantan ketua PW NU Sulsel ini.

Zain juga menambahkan bahwa shalat di mekkah memiliki pahala seribu dibandingkan dengan shalat di tanah air.

Dalam manasik tersebut jamaah dituntun juga persiapan menuju tanah suci, mulai meningglkan Makassar menuju Jeddah, Madinah dan ke Mekkah, khususnya persiapan mental dengan memantapkan niat berangkat umrah semata-mata untuk beribadah dan mendapatkan ridho Allah SWT.

“Melaksanakan shalat lima waktu lebih khusyu dan mengutamakan shalat berjamaah, menjaga lisan, perbanyak zikir kepada Allah SWT, memperbanyak melakukan shalat sunnah rawatib, perbanyak sedekah dan memohon maaf dan doa pada kerabat dan sahabat,” ujarnya.

Rukun umrah, yakni; berihram, miqat, thawaf, sa’i shafa dan marwah, tahallul dan tertib
Selain itu, juga dipraktekkan tata cara berihram.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!