Menkumham RI Beri Kuliah Umum Mahasiswa Fakultas Hukum UMI

UMI Makassar – Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Hamonangan Laoly memberi kuliah umum di hadapan mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum UMI, dengan tema “Negara Hukum dan Cetak Biru Hukum Nasional”, di Aula Hijaz Fakultas Hukum UMI, Jumat 30 September 2016.

Yasonna Laoly mengatakan, kemajuan suatu Negara sangat di tentukan oleh penegakan supremasi hukum yang dilaksanakan semua pihak terutama aparat hukum. Contoh Negara Cina pada tahun 80an  masih jauh tertinggal dari berbagai aspek dibanding Negara lainnya di kawasan Asia, namun di era sekarang berbanding terbalik menjadi Macan Asia jauh meninggalkan Negara Asia lainnya yang sebelumnya sudah maju.

hk-menteriKemajuan dan kemakmuran Cina karena Negara tirai bambu ini menjadikan hukum di atas segalanya. Jika dihubungkan dengan Indonesia sangat kurang investor yang mau menanamkan modalnya karena persoalan hukum yang tidak menjamin atau tidak ada kepastian hukum.

“Untuk memajukan Indonesia, hukum sebagai norma harus ditaati, kesadaran hukum harus di tegakkan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesamaan hak di mata hukum, terrmasuk pemerintah yang di jamin konstitusi karena hal ini merupakan gambaran sebagai Negara hukum yang baik,” ungkapnya.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar mengatakan, kuliah umum bagi mahasiswa sangat penting artinya sebagai upaya menambah wawasan. Untuk itu kuliah umum ini harus diikuti dan disimak dengan baik, gali informasi sebanyak-banyaknya, karena moment seperti ini sangat jarang dimana meneteri memebri kuliah umum,” urainya.

Turut hadir dekan Fakultas Hukum UMI Dr. Muh. Syarif Nuh, SH, MH, para guru besar Fakultas Hukum UMI. Usai kuliah umum dari Menteri Hukum dan HAM dilanjutkan dengan kuliah umum dari Ketia Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI Abdul Haris Sewendawai, SH, MH dengan moderator Prof. Dr. H. A. Muin Fahmal, SH, MH Guru besar Fakultas Hukum UMI.

(Humas UMI)

Previous Penjaminan Mutu UMI Launching SPM Berbasis Akreditasi Online
Next Tim Kerja IC-ITSD 2017 FTI UMI - Universiti Sains Malaysia Jajaki Kerjasama

You might also like

Pimpinan FTI UMI Studi Komparatif di Pulau Jawa

UMI Makassar – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan studi komparatif di sejumlah perguruan tinggi di Pulau Jawa selama sepekan. Studi komparatif dimulai, Senin (15/2). Kami mendatangi

Segera, Workshop Sertifikasi Insinyur Profesional

UMI Makassar – Workshop Sertifikasi Insinyur Profesional dan Program Pembinaan Profesi Insinyur akan digelar oleh PII Cabang Makassar dan Fakultas Teknologi Industri FTI UMI pada Jumat 27 Mei 2016 Pukul

TBM FK – UMI Bertolak ke Aceh, Bantu Tangani Korban Gempa

UMI Makassar – Tim Bantuan Medis 110 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (TBM FK – UM) mengerahkan relawannya untuk turun lansung membantu penanganan korban gempa Aceh. Gempa yang berkekuatan 6,4