UMI Makassar – Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr. Salim Segaf Al Jufri MA berkunjung ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Selasa (7/10).

Menteri yang tidak lama lagi mengakhiri masa jabatannya dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 tersebut,mendapatkan kesempatan untuk membawakan kuliah umum yang bertajuk Penguatan Harmonisasi Sosial dalam Rangka Membangun Karakter bagi Insan Akademis kepada mahasiswa UMI.

Dalam sambutannya, Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar. MA menyampaikan, melalui kuliah umum tersebut, diharapkan Menteri Sosial Republik Indonesia dapat berbagi informasi dalam pengembangan karakter bangsa.

“Hal tersebut sejalan dengan upaya UMI dalam membentuk karakter mahasiswa yang merupakan cerminan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Dikatakan pula, bahwa kondisi terkini yang ada di UMI, dimana saat ini UMI sedang membina sekitar 23.432 mahasiswa dan telah menghasilkan 73.241 alumni dari 13 fakultas yang dibina oleh UMI.

Dalam kuliah umum yang dibawakannya, Dr Salim Segaf Al Jufri MA mengajak mahasiswa UMI untuk mengambil peran dalam mengatasi masalah sosial sebagai upaya peningkatan kesejahteraan sosial di masyarakat. Mahasiswa sebagai insan akademis dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pembangunan.

“Mahasiswa maupun insan akademisi lainnya bisa mengambil peran dengan berbagi ilmu yang mereka miliki dalam upaya mencari solusi atas masalah kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Salim Segaf menuturkan, jika mahasiswa mampu menggali potensi- potensi sumber kesejahteraan sosial dengan menghasilkan gagasan serta dikerjakan dengan prinsip kolaboratif, maka ia optimis masalah kesejahteraan sosial di Indonesia dapat diatasi.

“Mahasiswa harus memahami pentingnya saling berbagi, bukan hanya berbagi dalam hal materi, melainkan ilmu. Kalau saya mengasumsikan seorang pengusaha yang tidak pandai berbagi, bolehlah dia dikatakan sebagai pengusaha yang gagal,” pesannya.

(Humas UMI)