Kajian Hadis Ahkam berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI oleh Dr. M.Thahir Bandu,MA (10/1). Hadir Wakil Rektor 5 Dr.M.Arfah Shiddiq,MA, Ketua LPDKI Dr.M.Ishaq Shamad,MA, para Wakil Dekan IV UMI, sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa (I) UMI.

Ustaz Tahir membahas penyembelihan hewan. Menurutnya dalam menyembelih hewan, Islam mewajibkan umatnya untuk menggunakan pisau yang tajam. Namun jika tidak ada pisau, bisa menggunakan batu yang tajam, kaca yang tajam atau sebilah bambu yang tajam. Ketika dipertanyakan tentang penyembelihan ayam di Kentucky Fried Chicken atau Mc D yang menggunakan mesin dalam memotong ayam? Ustaz Tahir Bandu mengatakan saat menyalakan mesin pemotong tersebut agar orang yang menyalakan mesin tersebut membaca basmalah, maka ayam tersebut halal dimakan.

“Jika konsumen tidak yakin, apakah daging ayam yang dimakan itu dibacakan basmalah atau tidak saat disembelih, maka sebelum memakan daging ayam tersebut agar konsumen membaca “bismillah”, agar makanan tersebut halal dimakan,” urainya.

Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA menyatakan selain kajian Hadis ini, LPDKI UMI juga mulai minggu ini memprogramkan Pengajian Fiqhi setiap selesai shalat Magrib sampai Isya di Masjid Kampus 2 UMI setiap Kamis malam, yang dibawakan oleh Dr.H.M.Thahir Bandu,MA. Untuk itu, diundang masyarakat untuk mengikuti pengajian tersebut.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!