UMI Makassar – Servis gratis motor Honda dan donor darah dalam rangka milad ke 35 Prodi Mesin Fak. Teknik UMI berlangsung di pelataran parkir kampus II UMI, Kamis 10 Desember 2014.

Dalam rangka milad ini pula, Kerukunan Alumni Teknik Mesin (KATM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) bakal menggelar kegiatan bertajuk Lelang Ilmu Teknologi di Hotel Grand Clarion, 14 Desember nanti. Kegiatan itu bakal menampilkan tiga karya produksi mahasiswa yang diklaim dapat diterapkan pada kehidupan masyarakat.

Sekretaris KATM UMI, Agus Baldie menjelaskan, pelelangan tidak ditujukan bagi produk atau alatnya, melainkan pada ide dan cara pembuatannya.

“Kalau ada yang berminat, silahkan siapkan alatnya karena kampus tidak memiliki biaya untuk produksi besar,” katanya.
Salah satu karya yang akan ditampilkan, yakni Rumpon Elektronik. Rumpon merupakan alat bantu penangkapan ikan bagi nelayan. Rumpon dapat digunakan diperairan dangkal maupun dalam. Prinsip kerja teknologi terapan ini hampir sama dengan rumpon pada umumnya.

Hanya saja, sistemnya berbeda. Jika rumpon pada umumnya, menggunakan waktu berhari-hari untuk mendapatkan ikan. Maka untuk Rumpon Elektronik ini, hanya dalam sehari saja.

“Jadi, ada sonar yang ditimbulkan dari alat ini. Sonar ini akan memanggil ikan dengan sendirinya tanpa harus menuggu berhari-hari,” jelas Agus.

Berkurangnya waktu produksi nelayan dengan penggunaan alat ini, tidak lantas membuat produksi turut berkurang.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!