Universitas Muslim Indonesia patut berbangga, di usia 58 tahun,  sebagai lembaga pendidikan dan dakwah  terkemuka di kawasan timur Indonesia, UMI kembali diberi kepercayaan kesekian kalinya oleh lembaga tertinggi negara Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR RI) melakukan kerjasama untuk melaksanakan Seminar Nasional  Pembangunan Karakter Bangsa : Upaya Mewujudkan Visi Indonesia Masa Depan (Implementasi Ketetapan MPR Nomor VII/MPR/2001), Senin, 3 Oktober 2012, bertempat  di Hotel Swiss Bell in. Hal ini disampaikan WR.IV UMI Bidang Kerjasama, Prof.Dr.Ir.H.Abdul Makhsud,DEA  diruang kerjanya.

Lanjut dikatakan, Seminar Internasional yang akan diikuti kurang lebih 250 orang ini (undangan telah disebar), terdiri atas pakar di bidang hukum dan sosial politik, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat berlangsung selama satu hari dan akan menampilkan narasumber dari MPR RI, H.Akbar Faisal (Hanura), Rahadi Zakaria,SH (PDI P), Prof. Mansyur Ramly,SE.,M.Si., (Ketua BAN/Ketua Pembina Yayasan wakaf UMI), Prof,Dr, Hj. Masrurah  Mokhtar ,MA (Rektor UMI), Prof.Dr. H. Hambali Thalib,SH.,MH (Guru besar di bidang Hukum/Dosen PPs UMI), Prof.Dr. H. Kamaruddin Amin,Phil (WR. IV UIN Alauddin).

Kegiatan yang bertujuan memperoleh masukan dan rumusan metode pengimplementasian ketetapan MPRI ini sejalan ketetapan MPR No.VII/MPR/2001 tentang Visi Indonesia masa depan sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara dengan mengacu kepada nilai-nilai empat pilar bangsa dan bernegara sebagai upaya pembangunan karakter bangsa.

“Hal ini sejalan dengan  visi dan misi UMI   sebagai garda terdepan perguruan tinggi Indonesia,  berpartisipasi aktif dalam menempatkan bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus memberikan dukungan bagi upaya pencerdasan umat dan pengembangan IPTEKS dalam Syiar Islam,  baik skala nasional maupun Internasional dalam mewujudkan UMI sebagai Universitas Kelas Dunia (World Class University),” ujar mantan Dekan Teknik UMI ini.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!