UMI Makassar – Delegasi pendidikan New Zealand melirik kerjasama dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Hal itu terungkap saat rombongan delegasi pendidikan New Zealand yang mendatangi Rektorat UMI dan diterima oleh Wakil Rektor V Prof Dr. H.Ma’ruf Hafiz (1/9). Kedatangan rombongan tersebut kata Prof Ma’ruf akan lebih mematangkan UMI untuk menuju World Class University.

“Kami berharap nantinya ada peluang terkait program magang, agar lebih variatif. Selain itu juga, diharapkan ada pertukaran mahasiswa ke New Zealand supaya mendukung target World Class University ini,” jelasnya.

Prof Ma’ruf mencontohkan, program pembinaan di kedokteran atau farmasi juga bisa menjadi salah satu aspek yang dijadikan kerjasama.

Ketua Delegasi Pendidikan New Zealand Giles Broker menyebutkan pihaknya akan menjembatani kerjasama dari sektor pendidikan. Mereka sangat senang bekerjasama dengan universitas swasta karena cepat prosesnya dan tidak banyak birokrasi yang harus dilewati.

“Meskipun prosesnya cepat tetapi tidak berarti harus mahal. Saat ini beberapa negara seperti India juga sudah melakukan kerjasama dengan kami dan sudah berlangsung baik selama ini,” urainya.

Lebih lanjut, Giles menyebutkan pengalaman selama dengan Inggris yang terjalin dengan baik akan menjadikan kerjasama dengan UMI akan lebih baik karena mereka sudah punya pengalaman.

Metode yang nantinya akan mereka gunakan adalah mendeteksi kebutuhan dari perguruan tinggi tersebut dan memberikan masukan. Hal itu sama seperti negara lain yang sudah berlangsung kerjasamanya dan bisa tumbuh bersama-sama.

“Programnya juga berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sehingga sebagai konsultan pendidikan kami akan cari partner yang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi yang bersangkutan,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!