UMI Makassar – Kajian tentang Ibadah dengan tema Niat berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (10/3) oleh Dr.H.Yusri, M.A. Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A dan sejumlah dosen dan mahasiswa UMI.

Dr.Yusri menyatakan niat adalah keinginan yang muncul dalam hati untuk melakukan sesuatu berdasarkan akal dan nash Al-Qur’an dan Hadis. Dalam melaksanakan keinginan, manusia bebas melakukan apa saja sesuai dengan keinginannya, tetapi harus diingat bahwa perbuatan manusia dibatasi sesuai dengan aturan-aturan Allah SWT.

“Dicontohkan, anda bisa menerobos traffict light di perempatan sesuai dengan keinginannya, maka anda harus siap mendapatkan kecelakaan atau ditilang polisi karena melanggar lalu lintas,” jelasnya.

Dijelaskan pula niat itu, dalam hati tetapi harus diucapkan ketika mau beribadah untuk memenuhi syarat dan rukun ibadah tersebut, misalnya mau shalat dhuhur, maka niat harus diucapkan dengan sengaja shalat dhuhur 4 rakaat karena Allah.

“Tidak bisa kalau hanya terbetik dalam hati “saya mau shalat”. Menurut alumni Tunisia ini, niat dalam hati, tetapi diucapkan dengan lisan. Hal ini sesuai dengan banyak pandangan ulama,” urainya.

Dr.M.Ishaq Shamad juga menyatakan kegiatan kajian dhuhur ini sangat menarik diikuti karena setiap hari Senin sampai Kamis dibahas materi yang berbeda dan pemateri juga berbeda sesuai disiplin ilmu. Senin kajian tafsir, Selasa kajian ibadah, Rabu kecerdasan spiritual dan Kamis kajian Hadis

(Humas UMI)

error: Content is protected !!