Makassar, umi.ac.id – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internal melalui Dosen Fakultas Pertanian (FP) UMI yang diketuai oleh Dr. Ir. Nurliani, MS. dan Anggota Dr. Ir. Ida Rosada, MS.

Kegiatan ini bentuk implementasi dari program tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertema “Pengolahan Mie Sayur Sehat bagi Kelompok Wanita Tani Asoka” di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Nurliani yang merupakan Ketua PkM tersebut mengungkapkan bahwa Salah satu cara sederhana dan mudah dilakukan untuk merangsang agar anak mau makan sayur yaitu dengan variasi (modifikasi) sayur. Modifikasi sayur diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah kesulitan makan sayur pada anak.

Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Asoka di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar merupakan salah satu solusi untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang teknik pengolahan sayuran menjadi mie sayur sehat, urainya.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran, serta memotivasi masyarakat khususnya kelompok ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah sayuran menjadi produk mie sayur sehat, meningkatnya nilai ekonomi dan daya tahan sayuran, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan kesejahteraan rumahtangga petani, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ida Rosada mengatakan bahwa Mie sayur sehat dapat menjadi peluang usaha, karena bahan baku tersedia setiap waktu tidak mengenal musim sehingga usaha pengolahan sayuran menjadi mie sayur sehat dapat dengan mudah dilakukan sendiri oleh ibu-ibu dalam menyajikan variasi menu makanan yang sehat, bergizi dan murah.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internal ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa program studi agribisnis Fakultas Pertanian UMI, tutupnya.

(HUMAS)