Dua Dosen Fakultas Teknik, program studi Arsitektur UMI melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Penerapan Teknologi Biopori untuk Pengolahan Sampah Organik pd RTH di Pulau Kodingareng Lompo, Kota Makassar, Sabtu, 9 Nov 2019.

Hal ini disampaikan Andi Muhammad Ikhsan, ST.,M.Si dan Pratiwi Juniar Achmad Gani, ST., M.Sc Sebagai ketua Tim Pengabdi, dalam penjelasannya Masalah yang terjadi apabila sampah tidak diolah dengan baik maka dapat terjadi pencemaran lingkungan, atau bencana seperti banjir.

Sehingga penerapan teknologi ini dapat membantu mengatasi sampah dengan memasukkan ke dalam lubang resapan biopori yg ditanam di bawah tanah kemudian didiamkan hingga 2 minggun yg selanjutnya juga dapat digunakan sebagai pupuk kompos bagi tanaman masyarakat, tutur Pratiwi saat ditemui siang ini (18/11).

Adapun pesertanya adalah anggota mitra Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Kodingareng berjumlah 20 orang. Turut hadir Ketua PKBM Harapan Kodingareng Bapak Gaffar, S.Pd.

Sementara itu Muhammad Ikhsan memeparkan Dalam perencanaannya diarahkan di ruang terbuka hijau pulau kodingareng lompo yg dalam kegiatan pengabdian ini selain melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat bagaimana menerapkannya, juga telah dibantu untuk membuat penentuan berapa titik lubang resapan biopori yang dapat dilakukan dan dibuatkan ke dalam peta penyebaran titik lubang resapannya sehingga penyerapan sampah dapat lebih maksimal.

(HUMAS)