AKP Masaluddin,SIP, SH, MH Paur Samsat Makassar Dit. Lantas Polda Sulsel, meraih gelar Doktor Ilmu Hukum pada Program Pascasarjana UMI, setelah berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul “Fungsi Kepolisian dalam Penertiban dan Penanggulangan Pelanggaran Lalu Lintas di Provinsi Sulawesi Selatan” dihadapan tim penguji yang dipimpin Direktur Program Pascasarjana UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, MSi, di Kampus Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Selasa 25 September 2012.

Masaluddin memaparkan bahwa fungsi kepolisian dalam penertiban dan penanggulangan pelanggaran lalu lintas, eksistentinya kurang efektif dalam memberikan pengayoman dan perlindungan terhadap keselamatan warga masyarakat selaku pengguna jalan. Apalagi pertumbuhan kepemilikan kendaraan di Sulsel dari tahun ke tahun makin meningkat. Jumlah kendaraan pada tahun 2011 untuk kendaraan roda dua sebanyak 1.877.500, sedang kendaraan roda empat sebanyak 300.931 unit, telah menimbulkan tekanan yang cukup besar pada jaringan jalan dan alat pengatur lalu lintas.

Pelanggaran yang sering terjadi menyebabkan terjadinya pelanggaran lalu lintas. Untuk Kota Makassar pada bulan Januari 2012, telah terjadi 57 kasus kecelakaan lalu lintas dengan kerugian Rp 57 juta, dengan melibatkan 100 unit kendaraan. Hal ini terjadi karena masih kurang berfungsinya polisi  lalu lintas dalam melakukan penertiban dan penanggulangan terhadap  pelanggaran lalu lintas.

Salah satu solusi yang ditawarkan Masaluddin adalah perlunya penindakan terhadap pengendara, tidak hanya  dilakukan atas dasar pelanggaran kecepatan saja, tetapi juga terhadap pengguna jalur dan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, untuk mengurangi volume kendaraan di jalan raya maka hendaknya Pemerintah menetapkan kebijakan seperti layak tidaknya kendaraan untuk dioperasikan, serta menetapkan pajak tarif  tinggi bagi masyarakat yang memiliki lebih dari dua kendaraan.

Masaluddin dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Promosi doktor Masaluddin dihadiri Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mudji Waluyo, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Syahrul Mamma, Kepala Sespim Polri Irjen Pol. Drs Surmana Yudhi Yulistia, Rektor UMI Makassar Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, para pejabat Polda Sulsel dan Samsat Makassar.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!