Pekan pesantren merupakan kegiatan awal yang harus diikuti seluruh mahasiswa sesuai jadwal yang diberikan. Program ini merupakan program penyambutan maba UMI sejak tahun 2000. Hal ini juga menghilangkan image bahwa penyambutan mahasiswa baru dengan kekerasan dan perploncoan. Karena konsep kekerasan tidak sesuai dengan visi dan misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

Hal ini disampaikan Ketua panitia Pekan PEsantren Maba UMI Tahun Akadmeik 2014/2015 yang juga Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan Prof.Dr. H. Ahmad Gani, disela-sela acara pemantapan persiapan pekan pesantren (14/8) yang berlangsung di Ruang Senat Kampus 2 UMI. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor V Bidang Dakwah dan Kampus Islami UMI, KH.Zain Irwanto,MA.

Program Pekan Pesantren yang dilaksanakan dua hari setiap angkatan ini sebagai bentuk penyambutan mahasiswa baru yang dilaksanakan di Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI, yang berlokasi di Desa Padanglampe Kab. Pangkep sebagai Kampus IV UMI.

Bagi mahasiswa yang akan berangkat, panitia menyiapkan kendaraan yang berlokasi di kampus 2, “ Anak-anakku nanti setiap angkatan, jadwal keberangkatan kumpul di kampus 2 jam 5.30” ujar Ahmad Gani.

Demikian juga pemulangan dari Ponpes Padanglampe Pangkep, panitia menyiapkan kendaraan hingga kembali di kampus 2 UMI. Lanjut dikatakan, setiap angkatan akan menghadirkan narasumber untuk menambah wawasan tentang karakter bangsa dan integritas diantaranya, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI yang juga Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) RI Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, Ketua Pengurus YW UMI H. Mokhtar Noer Jaya, Ketua Harian YW-UMI, Prof. Dr. H. Jobhaar Bima, SE., MSi., Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA., Wakil Rektor UMI,  Pangdam VII Wirabuana, Kapolda Sulselbar, Ketua BNN Sulsel.

 

“Kegiatan ini  juga lebih meningkatkan kompetensi spiritual dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan, seperti praktek ibadah, mulai shalat lail (3.00-4.00), tadarrus (04.00-04.45), shalat lima waktu yang dilakukan secara  berjamaah.  Aktivitas dengan   jadwal yang terskhedule dengan sistematis ini, dari jam 3.30 (bangun shalat lail) s.d jam 22.00, dengan nuansa kekeluargaan dengan mengedepankan konsep Islami,” ujar Ahmad Gani.

Jadwal Pekan Pesantren Mahasiswa Baru UMI

Tanggal 18-20 Agustus 2014 : Fakultas Ekonomi

Tangga; 20-22 Agustus 2014  :  Fakultas Ekonomi (2), Fak.Farmasi dan Fak.Kedokteran

Tanggal : 22-24 Agustus 2014 : Fak. Hukum

Tanggal 24-26 Agustus 2014 : Fak. Teknik, Sastra dan ABA

Tanggal 26-28 Agustus 2014 : Fak. Kesmas, Perikanan dan ilmu kelautan dan Agama Islam

Tangga; 28-30 Agustus 2014 : Tek.Industri, Kedokteran Gigi, Ilmu Komputer, Pertanian

(Humas UMI)

error: Content is protected !!