Ketua Umum Yayasan Wakaf UMI melantik Ibu Prof. Dr. Hj. Masrurah Mochtar, MA sebagai Rektor UMI masa amanah 2010-2014. Prof. Hj. Masrurah lahir di Bone tanggal 9 September 1950 dengan pekejaan sebagai Dosen Kopertis Wil. IX DPK di Fakultas Sastra UMI.

Rektor UMI dibantu oleh 5 Wakil, yakni WR I Bid. Akademik oleh Bpk. Prof.Dr.H. Syahnur Said, SE., M.Si, WR II Bid. Keuangan oleh Bpk. Ir. H. Iskandar BP., M.Sc, WR III Bid. Kemahasiswaan oleh Bpk. Dr. H. Achmad Gani, SE., M.Si, WR IV Bid. Perenc. dan Kerja Sama antar Lembaga, dan WR V Bid. Dakwah dan Pengembangan Kampus Islami.

Rektor dalam ?Sekapur Sirih?-nya, mengatakan bahwa kini tantangan yang ada lebih berat lagi dengan adanya lontaran wacana yang di kemukakan oleh Ketua Umum Yayasan Wakaf UMI ?Word class University? yang membutuhkan perangkat dan dana yang sangat besar dan kualitas SDM yang profesional, tapi saya yakin dengan kerja keras pihak Yayasan terutama yang bersifat finansial, Insya Allah WCU tidak hanya sekedar sebuah mimpi di siang bolong tetapi akan mampu kita wujudkan dalam sebuah kenyataan.

Salah satu strategi kebijakan dalam mencapai konsep tersebut adalah dengan memisahkan pengelolaan bidang kerja sama dengan pengelolaan pengembangan kampus Islami yang pengelolaannya selama ini bergabung menjadi satu di bawah naungan Wakil Rektor IV. Kini dikembangkan menjadi Bidang Perencanaan dan Kerjasama antar Lembaga yang dikelola oleh WR-IV dan Bidang Dakwah dan Pengembangan Kampus Islami yang dikelola oleh WR-V, yang merupakan ciri khusus ke-UMI-an yang sekaligus mengelola Program Pencerahan Qalbu yang merupakan program unggulan UMI.

Sejalan dengan program utama Kementerian Diknas tentang pembentukan karakter bangsa, di UMI telah dilaksanakan Pencerahan Qalbu yang sarat dengan pendidikan karakter sebagaimana sabda Rasulullah ?Innama buistu li utammima makarima al-akhlak?, sesungguhnya aku diutus untuk memperbaiki akhlak manusia yang akan melahirkan SDM yang memiliki integritas dan kepekaan sosial yang tinggi yang akan mengatasi persoalan krisis calon pemimpin yang bermoral.

Saya yakin dengan adanya Pencerahan Qalbu selama 1 bulan, UMI akan melahirkan alumni yang diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sebagaimana Firman-Nya: (Al-Mujadalah:11) yang artinya:

Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan ke derajat yang lebih tinggi. (pdpi/humas)