Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi seratusan mahasiswa binaan UMI berlangsung di ruang LPDKI Kampus 2 UMI (6/4). Pemateri Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA, dan Irwan, S.Sos.I, M.Si (wartawan).

Ketua Forum Mahasiswa Binaan UMI Riswan mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa karena cukup banyaknya mahasiswa yang kurang memahami teknik penulisan karya tulis ilmiah. Tema kegiatan ini, yakni “Mengembangkan Potensi Menulis dalam Berkarya secara Ilmiah”.

Dr.M.Ishaq Shamad, MA menyatakan kegiatan pelatihan ini merupakan program kemitraan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI dengan Forum Mahasiswa Binaan UMI. Selain itu diharapkan pelatihan ini mampu memberikan keterampilan menulis bagi mahasiswa agar dapat menyelesaikan tugas-tugas dan tugas akhir studinya.

Dalam pemaparan materinya M.Ishaq menjelaskan bagaimana menjadi penulis yang baik, kaidah-kaidah penulisan, cara membuat tulisan yang baik, menambah keahlian jurnalistik, serta dakwah lewat tulisan. Selain itu, dijelaskan pula tentang “masalah”, yakni kesenjangan antara yang seharusnya dengan kenyataan yang terjadi”, serta mengidentifikasi masalah. Bahkan dijelaskan tentang perbedaan penulisan dari hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Irwan, S.Sos,M.Si yang juga wartawan harian Berita Kota Makassar memaparkan dasar-dasar penulisan tulisan ilmiah populer, termasuk teknik penulisan berita di koran. Dikatakannya dalam hal membuat judul berita, sebaiknya tidak terlalu panjang (maksimal 8 kata), khususnya berita straight news (berita langsung) dan judul tulisan menggambarkan isi tulisan.

“Tulisan berita harus memuat unsur 5 W+1 H, sifat penulisan singkat, padat, sederhana, lancar, lugas, jelas dan menarik,” urainya.

Dijelaskan pula syarat penulisan berita, yakni menguasai bahan berita, bersifat terbuka, menghargai pendapat orang lain, dan terampil menggunakan bahasa secara benar, urainya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!