Peletakan batu pertama pembangunan gedung IKA Fakultas Hukum (FH) UMI, aula Hijaz Fak. Hukum, (14/5/2012).

Hadir ketua pengurus  Yayasan Wakaf UMI, H.Mokhtar Noer Jaya, ketua pelaksana harian IKA pusat UMI, H. Zulkarnain Arief, pengurus IKA Pusat UMI, guru besar Fakultas Hukum Prof. Dr. Hambali Thalib, Prof. Dr. Laode Husain, Wakil Rektor III, Dosen dan karyawan FH UMI dan pengurus BEM dan UKM pramuka.

Laporan Dekan FH, H.Hasbi Ali,SH.,MH mengatakan bahwa sejak 7 tahun lalu beliau  terobsesi untuk pembangunan gedung IKA sebagai suatu bangunan monumental yang dapat  mengingatkan akan diakhir pengabdiannya di UMI.

“Di UMI, kampus yang kita cintai, kita lahir disini sebagai alumni, dididik dan dicerdaskan ditempat ini,” ungkapnya.

Selain itu, dirangkaikan pula penyerahan bantuan kepada alumni yang akan melanjutkan studi lanjut S2 dan S3 dan memiliki komitmen sebagai generasi pelanjut pendidik kedepan dengan bantuan pribadi dari bapak H. Ichsan Yasin Limpo, SH.,MH.

Bantuan yang diberikan sebesar 100 juta untuk 2 orang untuk program S3  dan 9 orang untuk progam S2. Pimpinan Fakultas juga mengungkapkan bahwa setiap semester memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang memiliki kecerdesan intelektual namun membutuhkan bantuan pembelian buku.

Keberadaan gedung alumni sangat urgen sebagai media silaturahmi antara pimpinan FH dengan alumninya. Selain untuk akses alumni dengan almamaternya, juga sebagai media untuk mengakses lapangan kerja bagi alumninya.

Gedung IKA memiliki  Luas bangunan 12 X 20 meter dengan 2 lantai yang mana untuk lantai satu diperuntukkan sebagai ruang sidang FH yang refresentatif dan lantai 2 untuk sekretariat alumni. Gedung ini menjadi wakaf dan diperkirakan anggaran 600 juta diluar mobile.

Keberadaan gedung IKA ini juga menjadi kredit point penilaian dalam  akreditasi perguruan tinggi bagaimana menjalin silaturrahmi dan kerjasama dengan alumni, seberapa besar kontribusi kepada alumni serta jaringan dengan alumni.

Selain itu, Dekan Fakultas Hukum ini mengharapkan kepada Yayasan agar dipertimbangkan tahun ini formasi 10 orang untuk dosen baru, demi peningkatan kualitas pembelajaran di Fakultas Hukum.

“Tahun depan semua dosen FH memiliki golongan lektor kepala IVa. Mahasiswa FH UMI sampai saat ini berjumlah  2000 orang dan alumni kurang lebih 8000 orang,” ungkapnya.

Sambutan. Ketua IKA FH UMI, bapak H.Ichsan Yasin Limpo,SH.,MH juga menyatakan bahwa gedung IKA FH UMI yang awalnya berada diluar, namun setelah diadakan rapat pengurus IKA, sy menyarankan untuk keberadannya didalam kampus, agar lebih dekat untuk bersinergi dengan FH sendiri dengan koordinasi dan sinergitas dengan civitas akademika UMI dalam berbagai aktivitas tri darma perguruan tinggi. Karena itu, gedung ini diwakafkan kepada Yayasan dengan tetap diberikan keluwesan untuk digunakan aktivitas alumni FH.

Inventarisasi alumni harus berjalan terus karena itu keberadaan sekretariat sangat urgen untuk proses pengelolaan administrasi alumni FH UMI.

“Harapan saya pada bulan Januari, IKA UMI menyampaikan surat kepada alumni didalam atau di luar negeri minimal ucapan selamat ultah kepada semua alumni sebagai bentuk perhatian dan media silaturrahmi antar alumni,” harapnya.

Gedung IKA diharapkan menjadi media untuk berdiskusi. Berbagai hal untuk pengembangan FH kedepan. Semua alumni diharapkan dapat berkontribusi untuk pengembangan FH kedepan. Keberlanjutan studi bagi yang baru menyelesaikan strata satu (S1) dan lapangan kerja bagi mereka yang alumni.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!