ON MIPA 2019 Ternyata Even ke 4 UMI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Kemenristekdikti. Penyelenggaraan Olympiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019 (ON-MIPA 2019) ke 11 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) resmi dibuka. Acara pembukaan berlangsung meriah di Aula Al Jibra UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Jumat (26/4/2019).
Acara dibuka dengan menampilkan sejumlah pertunjukan kesenian mulai dari Tarian Patuddu, Nasyid Syubhanul Wathon dari Hadrah Marawis UMI, hingga Tarian Peppe-Peppe. Semua peserta tampak terkesima menyambut ceremoni pembukaan even nasional tahunan itu.
Pembukaan secara formal dilakukan dengan memukul gendang oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ismunandar didampingi Kepala LLDikti Wilayah IX Prof. Jasruddin, Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,MSi, Direktur Kemahasiswaan, Dr. Didin Wahidin dan Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH.,MH.
Dalam kesempatan itu, Prof. Ismunandar mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung Perguruan Tinggi yang terus meningkatkan kualitasnya, seperti UMI yang telah terakreditasi A secara institusi.
“Pendidikan kita harus relevan. Revolusi industri 4.0. Banyak hal terotomatisasi sehingga manusia semua semakin pintar. Maka manusia harus lebih pintar. Nah mahasiswa yang lomba ON MIPA ini pasti menuntut hal-hal yang berpikir tingkat tinggi. Karena kalau berpikir biasa saja itu robot jauh lebih pintar dari kita. Olehnya seperti ini menjadi semakin penting,” ungkap Prof. Dr. Ismunandar.
Sementara itu, Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding mengatakan, even berkelas nasional dari Kemenristekdikti, UMI telah mendapat kepercayaan yang ke 4 kalinya sebagai tuan rumah sejak tahun 2015 hingga 2019.
“ON MIPA ini merupakan yang ke 4 kalinya UMI mendapat kepercayaan dari Kemenristekdikti pertama itu MTQ tingkat Nasional tahun 2015, PIMNAS ke 30 tahun 2016, kemudian Kema Pramuka Nasional tahun 2018, dan alhamdulillah hari ini yakni ON MIPA,” papar Prof. Basri Modding.
Dari deretan event bergengsi itu kata Prof. Basri Modding, UMI terus memberikan kualitas yang maksimal sebagai lembaga pendidikan dan dakwah sesuai dengan visi dan misi UMI yang terangkum dalam Berilmu Amaliah, Beramal Ilmiah, dan Berakhlakul Karimah.
“Apa yg dilakukan di UMI ini mempengaruhi populasi mahasiswa yang lainnya untuk terus belajar dan berkompetisi. Jadi tidak cukup berhenti sekian mahasiswa yag ikut. Tapi harus memiliki efek bagi pendidikan secara umum,” tutur mantan Direktur Pascasarjana UMI ini.
Sekedar informasi, kegiatan ON MIPA 2019 di UMI ini diikuti oleh 256 peserta dari 80 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Seleksi peserta dilakukan mulai dari tingkat perguruan tinggi, kemudian tingkat LLDikti, dan tingkat Nasional yang dipusatkan di UMI.

(HUMAS)