Rapat Kerja Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia dibuka oleh Rektor UMI Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar,MA di aula kantor FIK-UMI, Kamis (1/3).

Universitas Muslim Indonesia merupakan lembaga pendidikan dan dakwah , karena itu civitas akademika UMI dalan mengemban Tri Dharma perguruan tinggi, baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat diwarnai nilai-nilai ajaran Islam. Semua aktivitas yang dilakukan seluruh civitas UMI bernilai dakwah. Hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA sebelum membuka rapat kerja Fakultas Ilmu Komputer UMI.

“Dalam pelaksanaan Islamisasi, maka segala aktivitas kondisi kerja lingkungan akademik, kemahasiswaan dan pengembangan diwarnai nilai-nilai ajaran Islam, dan diharapkan semua aktivitas di kampus baik bidang akedemik,  keuangan, dan kemahasiswaan  ada nilai nilai Islami,” kata mantan Dekan Fak. Sastra ini.

Masrurah menambahkan bahwa di UMI ada program dasar, unggulan dan program penyempurna, Namun pada kesempatan tersebut, beliau hanya menjelaskan program unggulan UMI dalam rangka percepatan dan perwujudan kampus Islami dengan program  Pencerahan Qalbu dan pembentukan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI). Sedangkan Program penyempurna Islami bersama komponen masyarakat; komponen layanan, memberikan pelayanan cepat, ramah sabar dalam mengemban amanah sebagai pelayan.

“Jika kita memposisikan  diri kita sebagai orang yang bodoh maka kita akan selalu bertanya dan jika kita bertanya maka kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan, dan apabila ada  orang yang bertanya maka kita memposisikan diri sebagai orang pintar dan kemudian menukarkan informasi kepada orang yang membutuhkan, ‘khaernnunnas yanfau linnas’ sebaik-baik manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain,” ungkap Guru besar bidang linguistik ini.

Rektor UMI juga menambahkan bahwa dalam merumuskan program kerja ke depan, mungkin ada perubahan, itu hal yang wajar. Komponen  perubahan membuat suatu hal yang lebih maju, untuk menuju ke arah yang lebih baik, baik perubahan itu harus dilakukan dari kita diri dan membangun kebersamaan karena Allah tidak akan mengubah suatu kaum kecuali kaum itu merubah dirinya sendiri.

Sementara itu Dekan Fak. Ilmu Komputer Ir. H. Muh. Diah Yusuf,MM.,Ph.D, mengatakan, “Manajemen Fak. Ilmu Komputer berbeda dengan FTI yang awalnya satu manajemen, setelah diturunkannya SK Yaysan pada tanggal 12 Januari 2012 sehingga dalam menjabarkan program universitas dan implementasi visi dan misi UMI di tingkat fakultas perlu dilakukan rapat kerja dalam merumuskan berbagai program dalam mencapai visi dan misi fakultas dan misi universitas.  Dalam raker ini mengangkat tema ‘Dengan semangat kebersamaan membangun profesionalisme sistem layanan yang berkualitas’ dengan harapan bahwa dalam menjalankan apa yang telah menjadi program dan visi misi  fakultas akan tercapai dengan kebersamaan dan sinergitas semua unsur yang ada dalam Fakultas Ilmu komputer,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan  pula bahwa civitas akademika FIK akan studi banding ke Universitas Guna Dharma Jakarta untuk menindak lanjuti kerjasama yang telah dibangun dan disampaikan pula bahwa tahun ini  4 orang dosen FIK akan melanjutkan studi di Universitas  Guna Dharma yaitu 2 orang program S2 dan 2 orang untuk program  S3 dan satu orang dosen akan melanjutkan S3 di Jepang.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!