UMI Makassar – Pencanangan Agrowisata  Religi di Pesantren Darul Mukhlishin UMI Padanglampe Pangkep, ditandai dengan penanaman Pepaya California dilakukan Bupati Pangkep diwakili Staf Ahli Bidang Narkoba dan Pembinaan Pemuda Muhammad Suhdi, disaksikan  Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, pimpinan fakultas dan pimpinan pesanten, Ahad 14 Juli 2015.

Staf Ahli Bupati Pangkep Muh. Suhdi mengatakan, Pemda Pangkep  mengapresiasi rencangan UMI mengembangankan agrowisata di Padanglampe Pangkep,  karena banyak jenis tanaman yang bisa dikembangakan, dan di Pangkep belum ada agrowisata yang ada agrobisnis. Untuk itu Pemda Pangkep akan mendukung rencana tersebut, kebutuhan bibit misalnya bisa disiapkan oleh Pemda Pangkep, kalau ada bantuan bibit yang diberikan pasti tepat sasaran, karena ada yang mengawasi, ada yang pelihara dan terus diteliti apa yang cocok untuk dikembangkan, karena UMI punya tenaga ahli dibidang pertanian.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh UMI dapat menjadi pilot project, dan masyarakat bisa ikut mengembangkan, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” ujarnya.

Penanaman oleh staf ahli bupati

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar mengatakan, MA, agrowisata yang dikembangkan oleh UMI dibawah tanggung jawab Fakultas Pertanian UMI, diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi UMI, baik dari sektor ekonomi maupun dari sisi pengembangan ilmu, karena mahasiswa dapat melakukan praktek lapang, dan dosen dapat melakukan penelitian di tempat ini.

“Pengelolaan agrowista ini harus dilakukan secara professional, dengan berdayakan masyarakat sekitar sehingga ekonominya bisa meningkat, dan kehadiran UMI dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Penanaman oleh mahasiswa

Dikatakan pula, kawasan Agrowisata ini berbeda dengan agrowisata lain, karena berada di lingkungan pesantren, sehingga nuansa religinya akan terasa.  Ini juga tidak terlepas dari salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat yang datang menjenguk anaknya mengikuti pencerahan kalbu di Pesantren Darul Mukhlisin UMI.

Dekan Fakultas Pertanian UMI sebagai penanggungjawab Agrowisata Ir. Annas Boceng, MSi mengatakan, pengembangan agrowisata UMI akan dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama penanaman Pepaya Calofornia di atas lahan 2 ha dengan jumlah tamanan sekitar 3000 pohon, akan dilanjutkan dengan penanaman tanaman lokal khas Sulawesi Selatan, seperti jeruk, mangga, durian dan lain-lain. Rencana tahap kedua akan dikembangkan sayur-sayuran, untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang melaksanakan pencerahan kalbu di pesantren dan kebutuhan masyarakat sekitar. Tahap ketiga akan dibuat kolam ikan dengan luas 20 m x 15 m yang dapat berfungsi ganda sebagai penampungan air untuk kebutuhan tanaman, sekaligus sebagai area pemancingan, di sekeliling kolam akan dibangun gazebo, sehingga masyarakat dapat menikmati agrowisata ini dengan nyaman. Ini juta tidak terlepas dari pelayanan pesantren kepada masyarakat yang datang menjenguk anaknya mengikuti pencerahan kalbu.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!