Makassar, umi.ac.id – Penutupan pendaftaran Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Universitas Muslim Indonesia (UMI) sudah tidak lama lagi. Antusiame masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke UMI terbilang sangat tinggi, sehingga hampir setiap tahun pendaftaran maba UMI selalu lebih dari target kuota.

Tercatat, pendaftaran di perguruan tinggi swasta terkemuka dengan akreditasi institusi ‘A’ ini akan segera tertutup pada 10 hari mendatang. Diketahui, pendaftaran di UMI telah dibuka bertepatan Hardiknas 2 Mei lalu dan beakhir pada 12 juli mendatang.

Ketua panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UMI Dr.Ir. Hanafi Ashad, S.T, M.T mengatakan jika masih ada yang ingin mendaftarkan di UMI namun pendaftaran telah tertutup. Sehingga ia menghimbau, agar semua calon maba agar segera memastikan diri telah terdaftar di website resmi registrasi camaba, spmb.umi.ac.id.

“Jadi segera pastikan diri anda terdaftar sebagai Camaba UMI tahun akademik 2020/2021 sebelum pendaftarannya ditutup pada 12 Juli mendatang. Artinya tinggal 10 hari lagi” ungkap Hanafi Ashad di ruang kerjanya lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Kamis (2/7/2020).

Untuk kesekian kalinya, Hanafi Ashad kembali menegaskan bahwa pendaftaran camaba UMI tahun ini terbilang sangat mudah. Ini kebijakan khusus menyusul meluasnya bencana Pandemi Covid-19 di masyarakat dan berdampak luas di semua sektor, termasuk ekonomi.

Hanafi Ashad menyebutkan, syarat mendaftar di UMI hanya cukup dengan menyiapkan sejumlah berkas diantaranya, rapor siswa, KTP atau kartu keluarga, dan surat keterangan lulus, itu semua diunggah di laman resmi pendaftaran UMI.

“Pendaftarannya sangat mudah sekali cukup menyiapkan berkas berupa Rapor semester V, KTP atau kartu keluarga karena yang dibutuhkan di sana adalah Nomor Induk Kependudukan, lalu surat keterangan lulus dari sekolah,” tutur mantan Dekan Fakultas Teknik UMI ini.

“Pertama mendaftarkan akun di spmb.umi.ac.id, lalu mengikuti perintah yang tercantum di halaman website, setelah itu jika akun telah terdaftar, silahkan masuk lagi dan mengunggah semua berkas yang disyaratkan,” lanjut Hanafi Ashad.

Sekedar informasi, jumlah pendaftar Camaba UMI telah menghampiri target kuota yang disediakan pada tahun akademik 2020/2021.

(HUMAS)