UMI Makassar – Untuk memudahkan calon Mahasiswa Baru (MABA) untuk registrasi atau mendaftar sebagai calon mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016. SPMB UMI tahun ini dapat dilakukan dengan sistem online dengan membuka http://smpb.umi.ac.id Namun selain berbasis online, juga diberikan kesempatan untuk manual dengan mengunjungi sekretariat pendaftaran mahasiswa baru UMI tahun akademik 2015/2016 di menara UMI lantai 2 jl. Urip Sumoharjo Km 5. Hal ini disampaikan rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA saat launching sistem pendaftaran maba UMI berbasis online (11/5) di Auditorium Al Jibra kampus 2 UMI.

launching spmb

Hadir ketua pembina YW UMI Prof Dr H Mansyur Ramly yang juga ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) RI, ketua pengurus Yayasan Wakaf UMI (YW UMI) H Mokhtar Noer Jaya, jajaran wakil rektor, pimpinan fakultas/lembaga dan unit serta dosen dan karyawan UMI.

Sementara itu, ketua penerimaan maba UMI yang juga wakil rektor 1 bidang akademik Prof Dr H Syahnur Said MS menjelaskan alur pendaftaran SPMB online diawali dengan mengambil formulir dan selanjutnya login di http://smpb.umi.ac.id menggunakan registrasi dan password yang telah diperoleh dari bagian pendaftaran, mengisi lengkap biodata calon mahasiswa, memilih program studi yang diinginkan selanjutnya mengikuti ujian seleksi masuk, kemudian mengambil kartu ujian dengan memperlihatkan bukti pembayaran pendaftaran, setelah itu melakukan verifikasi data pada bagian pendaftaran, dan selanjutnya mengunggah berkas yang dipersyaratkan seperti ijazah,SKHU dan berkas lainnya. Melihat informasi kelulusan dan bagi yang dinyatakan lulus, dapat melakukan registrasi ulang dengan membawa kartu tanda peserta ujian ijazah dan transkrip nilai asli kemudian melakukan pembayaran perkuliahan sesuai dengan rincian biaya perkuliahan.

“Sistem ini selain memudahkan calon maba, juga meningkatkan efektifitas SDM dalam sistem pendaftaran, namun panitia juga menyiapkan pendaftaran dengan cara manual,” ujar Syahnur.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!