UMI Makassar – UMI mulai dilirik DIKTI dalam mengembangkan proses Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Hal ini mengemuka saat pembukaan Pekan Pesantren MABA UMI Gelombang V berlangsung di Aula Pekan Pesantren Mahasiswa UMI Padanglampe (30/8) oleh Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A. Hadir para anggota Senat UMI, dan sejumlah 601 MABA UMI.

Ketua Panitia Prof. Dr.H.Ahmad Gani, SE, M.Si yang juga Wakil Rektor 3 UMI melaporkan jumlah peserta Gelombang kelima adalah Fak.Agama  Islam 197 orang, terdiri dari wanita 113 dan laki-laki 84 orang, Fak.Ilmu Perikanan 92 orang, terdiri 40 wanita dan laki-laki 52 orang, FKM 312 orang, laki-laki 27 orang dan wanita 285 orang. Total MABA UMI Gelombang Kelima sebanyak 601 orang. MABA akan mengikuti Pekan Pesantren selama 2 hari 2 malam. Mereka akan mengikuti Pekan Pesantren MABA dan menerima materi Universitas, Fakultas dan dari Badan Narkotika Nasional yang akan memberikan materi tentang generasi emas bangsa.

Rektor UMI dalam sambutannya memperkenalkan seluruh anggota senat UMI. Kemudian Rektor UMI menjelaskan UMI baru-baru ini memperoleh ijin menyelenggarakan Profesi Insinyur, Profesi Apoteker, dan Profesi Akuntansi. Demikian pula prestasi akademik UMI juara 1 medali emas dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional), dll.

Dikatakannya UMI mulai dilirik DIKTI untuk program pendidikan karakter bangsa berbasis pesantren, termasuk IAIN Antasari Kalimantan pernah datang belajar di Pesantren ini. Bahkan Rektor UNISULA Semarang dan Yayasan Airlangga dari Kalimantan juga pernah datang ke Padanglampe ini.

“Bukan hanya itu, setiap mahasiswa UMI yang pernah ikut Program Pencerahan Qalbu di Padanglampe, sebagian besar merasakan nikmatnya suasana pendidikan karakter di Padanglampe ini,” jelasnya.

(Humas UMI)