Fakultas Kedokteran UMI menggelar pengambilan sumpah dokter dan yudisium profesi dokter serta sarjana kedokteran. Kegiatan ini dipimpin Dekan Fakultas Kedokteran UMI Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, disaksikan Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Syahnur Said, para Wakil Dekan Fakulktas Kedokteran UMI, orang tua dan keluarga, di Aula Aisyah Fakultas Kedokteran UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Jumat (5/4).

Mereka yang disumpah sebagai dokter sebanyak 11 orang, 32 yudisium profesi dokter dan 33 yudisium sarjana kedokteran.

Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said mengatakan bahwa pelaksanaan pendidikan kedokteran UMI sudah berjalan dengan baik, ini dapat dilihat dari alumni yang dihasilkan sebagai sarjana kedokteran sebanyak 33 orang, ada 20 orang angkatan 2009, jadi masa pendidikannya hanya ditempuh sekitar 3,5 tahun.

“Ini menunjukkan bahwa pimpinan Fakultas kedokteran UMI terus melakukan perbaikan dalam proses belajar mengajar, diharapkan apa yang dilakukan ini terus ditingkatkan,” tambahnya.

Tahun Akademik 2013/2014 UMI akan mengirim 17 dosen tetap Fakultas Kedokteran UMI untuk mengikuti pendidikan studi lanjut spesialis, S-2 dan S-3. Secara keseluruhan tahun ini UMI akan mengirim dosen tetapnya untuk mengikuti studi lanjut untuk program S-2 dan S-3 sebanyak 100 orang, sehingga tahun 2014/2015 tidak ada lagi dosen tetap UMI yang hanya berpendidikan S-1.

Dekan Fakultas Kedokteran UMI Prof dr H Syarifuddin Wahid juga mengatakan bahwa sistem pendidikan dokter di Indonesia saat ini sementara mencari bentuk, sehingga untuk mencapai gelar dokter mereka harus melewati Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI).

“Hal ini perlu mendapat dukungan semua pihak, untuk lebih memotivasi alumni Fakultas Kedokteran UMI untuk serius dan terus belajar serta yang penting senantiasa terus berdoa, sehingga mereka dapat lulus dari ujian kompetensi tersebut,” ungkapnya.

Sebagai alumni Fakultas Kedokteran UMI, mereka harus menjaga harkat dan martabat  nama baik UMI, karena saudara merupakan bagian dari UMI. Kapan dan dimanapun berada, jangan hanya memikirkan diri sendiri, tapi harus memegang teguh sumpah dan janji yang telah diucapkan.

Acara tersebut dihadiri Ketua POMD (Persatuan Orang Tua mahasiswa dan Dosen) Fakulktas Kedokteran UMI dr. H Amin Oesman, SpOG, serta orang tua dan keluarga para dokter yang diyudisium dan disumpah.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!