Abstrak: Tujuan penelitian adalah 1) untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian polis  asuransi Jiwasyara Makassar, 2) untuk menganalisis variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian polis Asuransi Jiwasraya Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara simultan bauran pemasaran yang terdiri dari porduk , harga, lokasi, promosi, karyawan, sarana fisik, dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi Jiwasraya Makassar. 2) Secara parsial pengaruh bauran pemasara yang terdiri dari produk, harga, sarana fisik, dan proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi Jiwasraya Makassar, sedangkan variabel bauran pemasaran lainnya yang terdiri dari lokasi, promosi, dan karyawan tidak ber[engaruh signifikan terhadap keputusan pembelian polis asuransi Jiwasraya Makassar, 3) Bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian polis Asuransi Jiwasraya Makassar adalah harga. Responden dari penelitian ini adalah responden dari nasabah Asuransi Jiwasraya Makassar yang telah memiliki polis satu atau lebih dengan berbagai macam produk asuransi.

Kata Kunci: bauran pemasaran 7P (produk, harga, lokasi, promosi, karyawan, sarana fisik dan proses), keputusan pembelian.

Penulis: Hamzah Ella

Artikel ini telah dipublikasikan pada Jurnal Economic Resources, Volume XVI, Nomor 40, Oktober 2014. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Download [4.36 MB]

Artikel ini juga telah direview oleh reviewer internal Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Berikut hasil review dari reviewer internal:

Download [226.09 KB]

Download [228.71 KB]

error: Content is protected !!