Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People/ Participants, Physical Evidence, dan Process terhadap keputusan pembiayaan Mikro pada Bank BRI Syariah Makassar; (2) menganalisis faktor apa dari bauran pemasaran yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pembiayaaan mikro pada Bank BRI Syariah Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer survei sebanyak 89 nasabah mikro dari seluruh jumlah nasabah sebanyak 844 nasabah dengan masa pencapaian dari Juni tahun 2011 sampai dengan September tahun 2015 pada Bank BRI Syariah Makassar. Survei dilakukan dari November s.d. Desember 2015. Metode penarikan sampel dengan metode random sampling dengan pengambilan sampel secara acak, teknik penarikan sampel menggunakan teori Slovin yang sebagaimana dikemukakan oleh Umar (2003: 146). Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis regresi berganda. Pengambilah data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara langsung, kuisioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh variabel bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembiayaan Mikro pada Bank BRI Syariah Makassar; (2) Variable Peopel/ Participants berpengaruh lebih dominan terhadap keputusan pembiayaan mikro pada Bank BRI Syariah Makassar. Dari hasil analisis regresi yang menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang lebih dominan mempengaruhi Keputusan Pembiayaan Mikro pada Bank BRI Syariah Makassar adalah People.

Kata Kunci: Marketing Mix, peningkatan jumlah nasabah

Penulis: Hamzah Ella

Artikel ini telah dipublikasikan pada Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Volume 10, Nomor 02, Maret 2016, ISSN 1907-0292. Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Universitas Patria Artha.

Download

Artikel ini juga telah direview oleh reviewer internal Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Berikut hasil review dari reviewer internal:

Download

Download

error: Content is protected !!