Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh hormon IAA terhadap pertumbuhan thallus rumput laut K. alvarezii pada kultur in vitro. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan informasi tentang penggunaan hormon IAA dalam menunjang keberhasilan teknik kultur in vitro K. alvarezii. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai Juni 2010 di Laboratorium Kultur Jaringan, Jurusan Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Desain penelitian yang digunakan adalah RAL, terdiri atas 4 perlakuan (tanpa lAAJcontrol; 0,4; 0,6 ; 0,8 ppm) dengan masing-masing 3 ulangan, Data dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hubungan respon perlakuan terhadap parameter dianalisis menggunakan regresi korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kalus teregenarasi paling rendah diperoleh pada perlakuan tanpa IAA dan 0,4 ppm (50%), dan tertinggi pada perlakukan 0,8 ppm (83%). Peningkatan hormon IAA dengan konsentrasi tertentu akan meningkatkan daya regenerasi kalus menjadi thallus (tunas muda).

Kata kunci : lAA, thallus rumput laut K. alvarezii, in vitro

Penulis: Sriwahidah dan Jayadi

Artikel ini telah dipublikasikan pada Jurnal Lutjanus: Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, Volume 18, Nomor 1, Januari 2013.

Download [576.91 KB]

Artikel ini juga telah direview oleh reviewer internal Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Berikut hasil review dari reviewer internal:

Download [1.06 MB]

error: Content is protected !!