Alhamdulillah, untuk mengeratkan ikatan silaturahim sesama alumni, terbentuk Paguyuban Ikatan Alumni Fakultas Hukum UMI (IKA FH-UMI), Jumat, 25 Oktober 2019 di Hotel Teras, Jakarta.

Pengukuhan berdirinya Paguyuban IKA FH-UMI Jabodetabek tersebut dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf UMI, Prof. Dr. H. Mansyur Ramly,SE.,M.Si., Rektor UMI (2019-sekarang), Prof. Dr. H. Basri Modding,SE.,M.Si. Rektor UMI (2010-2018), Prof. Dr. Hj. Masrurah Mochtar,MA, Wakil Rektor III UMI yang juga Guru Besar FH-UMI, Prof. Dr. H. Laode Husen,SH,MH. dan Dosen FH-UMI, Dr. Ibrahim, SH.,MH.,LLM.

Dalam struktur paguyuban IKA FH-UMI tersebut, bertindak Ketua, Dr Sudirman, Sekretaris, Alwiyah Akhmad, dan Bendahara, Zumrah Taha.

Salah seorang inisitaor pembentukan paguyuban, Baho Jene,SH dalam siaran persnya pada wartawan menjelaskan, awalnya wadah ini digagas bersama Zumrah Taha dan bermula dari pertemuan rumahan yang
dihadiri sejumlah alumni angkatan 81 dan 2018.

Diluar dugaan, gayung bersambut, karena mendapat respon positif dan luas. Itu ditandai besarnya dukungan dari para sesepuh UMI yang selama ini bermukim di wilayah Jabodetabek, termasuk Dr. Ibrahim, SH.,MH.,LLM.

Menyinggung visi misi paguyuban, lanjut Baho Jene, terbangunnya ikatan silaturrahim di kalangan alumni yang berdiam di wilayah Jabodetabek. Direncanakan, dalam waktu dekat dilaksanakan diskusi publik. Prosesnya kini tahap pematangan rencana dan digodok oleh angkatan milenial.

Agenda lain, Januari 2020, direncanakan wisata ke Anyer atas undangan alumni FH-UMI angkatan 87, Kepala Badan Perizinan Terpadu Provinsi Banten, tutur Baho Jene yang berdomisili di Bogor itu.

Menanggapi terbentuknya Paguyuban alumni FH-UMI Jabodetabek tersebut, Guru Besar FH-UMI, Prof. Dr. H. Laode Husen,SH,MH. yang dihubungi, Sabtu (26/10) mengaku sangat senang dan pihaknya merespon positif.

”Terbentuknya Paguyuban Alumni FH UMI Jabodetabek diharapkan berperan sebagai media silaturrahim bagi para alumni FH-UMI yang berdomisili di kawasan Jabodetabek,” kata Laode Husen.

Laode Husen yang juga mantan Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI itu sangat berharap, paguyuban alumni FH-UMI Jabodetabek jadi penunjang pengembangan UMI.

Tak kalah pentingnya, paguyuban ini diharapkan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kearifan leluhur saling menghargai yang dikemas dalam budaya Sipakatu, Sipakalebbi. Disisi lain semangat para alumni agar saling mendukung dalam pengembangan SDM dan institusi UMI pada masa datang, kunci Laode Husen.

(HUMAS)