UMI Makassar – Pelatihan Da’i/Da’iah Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMI berlangsung di Aula Prof.Masrurah Mokhtar (26/4). Hadir Dekan FAI UMI Dr.H.M.Hasibuddin,SS.M.A. Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah fasilitator dan 30 peserta.

Hasibuddin menyatakan pelatihan ini tepatnya sebagai penyegaran bagi mahasiswa FAI UMI. Mengingat peserta yang hadir sudah semester VI dan tidak lama lagi akan terjun ke masyarakat ber KKN (Kuliah Kerja Nyata). Selain itu, Mahasiswa FAI UMI sudah banyak yang terjun menjadi imam, protokol dan penceramah di bulan suci ramadhan. Karena itu, momen pelatihan ini penting menghadapi bulan Suci Ramadhan 1438 H.

Dikatakan pula materi pelatihan diarahkan untuk penguasaan materi khutbah jum’at, sehingga pada saat mahasiswa KKN di masyarakat, mereka sudah bisa mengisi sebagai khatib di masjid-masjid.

Sementara itu HM.Ishaq Shamad menyatakan LPDKI UMI begitu gencar melakukan pelatihan dakwah karena sudah menjadi program dalam mensukseskan visi dan misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

Salah seorang peserta Inayah menyatakan senang ikut kegiatan ini, karena kesempatan memperoleh ilmu dan keterampilan berceramah. Di bangku kuliah lebih banyak teori yang didapat. Sementara dalam pelatihan ini, selain materi pokok, juga diselingi dengan game dan simulasi, sehingga peserta tidak bosan.

“Apalagi disertai dengan langsung praktek, kemudian diberi komentar oleh fasilitator dan peserta (audiens). Ini memberikan pembelajaran perlunya feed back( umpan balik) dari dakwah yang dilakukan,” jelasnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!