UMI Makassar – Kajian Tafsir Ahkam berlangsung di Masjid Kampus 2 UMI ba’ da dhuhur tentang Perang dalam Islam (23/12) oleh H.Mujahid Abdul Jabbar.

Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Samad, MA dan sejumlah dosen dan mahasiswa UMI.

Ustaz Mujahid mengemukakan bahwa umat Islam berperang jika diserang dan orang yang menyerang itu menginginkan agar umat Islam keluar dari agama Islam. Dikatakan pula, orang Islam yang berperang merupakan jihad dalam rangka mengharapkan rahmat dari Allah SWT. Sedangkan orang yang berjihad dan meninggal maka balasannya adalah syurga. Namun jika tidak ada perang, maka umat Islam dapat berjihad di berbagai tempat, termasuk dalam bidang pendidikan dan ekonomi dengan banyak berbuat kebajikan. Disamping itu, juga mengharapkan ridha Allah dengan banyak berdoa agar Allah memberikan rahmat dan ridhonya.

Ketika ditanyakan tentang peperangan yang terjadi di kalangan umat Islam sendiri, apakah memerangi saudaranya sendiri juga berjihad? Ustaz Mujahid menjawab itu bukan jihad karena memerangi saudara merupakan perbuatan dosa.

“Bukankah di dalam Alquran dikemukakan bahwa umat Islam itu bersaudara, jika mereka beraelisih maka damaikanlah,” jelasnya.

Dr. M.Ishaq Samad menyatakan kegiatan kajian di masjid kampus 2 UMI dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis sesudah dhuhur dengan materi kajian yang berbeda.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!